Berapa Banyak Makan Pisang Dalam Sehari?

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak tahu dengan buah Pisang yang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang padat dengan kandungan nutrisi, buah ini kerap dijadikan sebagai santapan setiap hari namun masih banyak orang yang bertanya berapa banyak makan Pisang dalam sehari.

Buah Pisang yang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang terkhususnya di semenanjung Malaya dan Filipina serta India, dimana tanaman ini yang dapat menghasilkan buah yang lezat dengan rasanya yang manis dan kemudian buah Pisang ini yang menyebar ke berbagai wilayah salah satunya ke Indonesia.

Persebaran buah Pisang ini yang telah merata di mulai dari kawasan Asia Tenggara hingga ke Lautan Teduh dan Hawai, kemudian sampai pada kawasan Samudera Atlantik, Benua Amerika dan juga Kepulauan Kanari dan biasanya pertumbuhan tanaman Pisang ini yang memiliki iklim tropis dan sub tropis.

Advertisment

Buah Pisang ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang dikarenakan buah ini yang kaya akan nutrisi didalamnya, dan buah Pisang ini juga yang menjadi salah satu alasan ekonomis sehingga membuat tanaman ini banyak dibudidayakan.

Dimana buah Pisang ini yang bisa dikonsumsi secara langsung yang dijadikan sebagai cuci mulut atau bisa juga dijadikan olahan masakan seperti di goreng, di kolak, dikukus dan masih banyak lagi olahan lainnya, namun tentu saja kamu perlu mengetahui berapa banyak makan Pisang dalam sehari.

Advertisment

Berapa Banyak Makan Pisang Dalam Sehari?

Buah Pisang memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh sehingga tidak heran jika buah yang satu ini digemari banyak orang dengan rasanya yang manis dan lezat, dan manfaat yang bisa kamu rasakan dari mengkonsumsi buah Pisang ini yang berasal dari kandungan nutrisi didalamnya.

Menurut Pusat Data Pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat yang menyatakan bahwa dalam satu buah Pisang yang berukuran sedang yang memiliki berat 118 gram ini yang mengandung kalori sebanyak 105, karbohidrat 21 gram, serat 3 gram, lemak 0,3 gram dan juga protein sekitar 1 gram.

Selain itu juga buah Pisang yang mengandung magnesium 18%, vitamin C sekitar 17%, mangan 16%, vitamin B6 12%, dan kalium 12% dari nilai harian, meski buah Pisang ini yang mengandung protein dan lemak namun buah ini yang tidak dapat mencukupi asupan nutrisi penting yang direkomendasikan pada setiap hari.

Padahal menurut studi yang diterbitkan dalam U.S. National Library of Medicine yang mengatakan bahwa, kandungan protein yang merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, pembentukan otot, kesehatan tulang, dan juga perbaikan jaringan.

Sedangkan untuk kandungan lemak yang berperan penting dalam memberikan energi pada tubuh dan juga membantu untuk penyerapan nutrisi yang larut di dalam lemak, serta membantu meningkatkan produksi hormon dan juga kesehatan untuk otak.

Rekomendasi makan buah Pisang dalam sehari kamu bisa mengkonsumsinya lebih dari satu buah Pisang setiap harinya yaitu sekitar 1 hingga 3 buah Pisang per harinya, hal ini yang dianggap sebagai asupan moderat untuk orang yang sedang menjalankan pola hidup yang sehat.

Kamu juga dapat mengkonsumsi buah Pisang ini lebih banyak namun pastikan tidak mengkonsumsinya terlalu banyak kalori, Tentu saja dalam mengkonsumsi buah Pisang kamu perlu membalasnya asupan harian karena jika mengkonsumsi secara berlebihan yang dapat meningkatkan masalah kesehatan.

Kandungan pati pada buah Pisang hijau yang masih mentah yang nantinya akan berubah menjadi gula jika buah Pisang sudah matang, sehingga konsumsi buah Pisang secara berlebih yang akan membuat tubuh menjadi lebih sulit dalam mengontrol gula darah.

Jika tubuh yang kekurangan kandungan protein dan lemak maka buah Pisang ini yang tidak boleh dijadikan sebagai makanan utama, namun buah Pisang ini yang hanya boleh dijadikan sebagai makanan ringan saja dan sebaiknya untuk mengkonsumsi buah Pisang ini yang dilengkapi dengan makanan lainnya yang kaya akan nutrisi seperti telur rebus, selai kacang atau makanan yang mengandung buah serta lemak dan protein yang seimbang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai berapa banyak makan Pisang dalam sehari yaitu sekitar 1 -3 buah Pisang berukuran sedang, semoga dengan adanya ulasan diatas yang bisa bermanfaat dan juga membantu.

buah pisangpisang