Bau yang Tidak Disukai Tikus

Nesiaverse.com – Bau yang tidak disukai tikus pada dasarnya menjadi salah satu hal yang perlu kita ketahui, dan tentunya dengan hal ini kamu dapat mengusir tikus dengan mudah didalam rumah kamu lalu apa saja bau tersebut yuk simak ulasannya dibawah ini.

Tikus menjadi salah satu hama yang sangat tidak disukai kebanyakan orang hal ini karena tikus yang menjijikan, menyebalkan, dapat merusak berbagai barang didalamnya dan bahkan dengan adanya tikus didalam rumah yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti hantavirus, penyakit pes, leptospirosis dan juga masih banyak lagi penyakit lainnya.

Pada dasarnya tikus ini yang memang memiliki penglihatan yang buruk namun tikus juga yang memiliki indera penciuman yang sangat tajam dan sensitif, dengan memiliki indera penciuman yang tajam yang dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai sumber makanan dengan jarak yang jauh serta sarana untuk dapat berkomunikasi dengan tikus yang lainnya.

Advertisment

Sehingga dengan begitu banyak orang yang ingin tahu dengan bau yang tidak disukai tikus yang bertujuan untuk memanfaatkannya sebagai salah satu alat pengusir tikus yang ada di dalam rumah, dengan bau yang tidak disukai tikus tentu saja akan mengganggu indera penciumannya yang sensitif tersebut.

Lalu apa saja bau yang tidak disukai tikus, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Bau yang Tidak Disukai Tikus

Memiliki kemampuan indra penciuman yang tajam ini yang dapat dengan mudah untuk mendeteksi bau atau aroma makan yang disukai oleh tikus tersebut, sehingga jika didalam rumah terdapat tikus kamu bisa dengan mencoba menggunakan beberapa bau yang tidak disukai tikus untuk mengusirnya.

Untuk itu berikut ini beberapa jenis bau yang tidak disukai tikus yang mungkin kamu andalkan untuk mengusir tikus yaitu diantaranya sebagai berikut.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang menjadi salah satu bahan baku yang tidak disukai tikus dan ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengusir tikus yang berkeliaran didalam rumah, karena memang dengan aroma dari bubuk kopi ini yang dapat mengganggu indra penciuman tikus dan kamu bisa menyimpan bubuk kopi ini di pojok ruangan atau di tempat yang sering dikunjungi oleh tikus tersebut.

Bau Pemangsa

Bau yang tidak disukai tikus yaitu bau pemangsa tikus itu sendiri yaitu seperti tikus, musang, atau rakun yang sangat dihindari tikus, untuk aromanya yang bisa didapatkan dari air kencing pemangsa tersebut dengan mengandung amonia dan ini juga yang dapat menimbulkan respon stres yang sangat kuat untuk tikus.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint menjadi salah satu bau yang tidak disukai oleh tikus dan sekaligus untuk bisa mengusir tikus dengan mudah dan praktis, minyak peppermint mengandung konsentrasi tinggi didalamnya yang akan mengganggu pada indra penciuman tikus yang sensitif.

Kapur Barus

Kapur barus menjadi salah satu bau yang tidak disukai tikus hal ini karena kapur barus yang mengandung bahan aktif yaitu naftalena kimia didalamnya yang sangat dibenci oleh tikus, sehingga dengan begitu dengan menggunakan kapur barus ini bisa menjadi satu cara untuk mengusir tikus didalam rumah karena indera penciuman tikus ini yang akan merasa terganggu dan lebih baik untuk mencari tempat tinggal di lain tempat.

Kayu Putih

Bau yang tidak disukai tikus yang selanjutnya ada kayu putih dengan menggunakan larutan minyak kayu putih yang dapat mengusir tikus secara alami, dimana tikus yang akan menghindari berbagai aroma dari kayu putih ini dan akan mencari tempat yang baru.

Serai

Serai atau citronella yang menjadi salah satu tanaman yang dapat mengusir tikus karena memiliki bau yang tidak disukai oleh indera penciuman tikus, dimana tikus akan menghindari berbagai makanan dengan memiliki aroma serai atau citronella yang kuat dan tajam.

Cuka Putih

Cuka putih yang mempunyai bau yang sangat kuat dan ini menjadi salah satu bau yang tidak disukai tikus, dimakan cuka putih ini yang selain menimbulkan bau yang tidak sedap namun jika dijilat yang menyengat dengan menambahkan cuka putih pada tempat yang sering ditempati oleh tikus yang bisa menjadi ancaman untuk tikus.

Bawang Putih

Terakhir untuk bau yang tidak disukai tikus yaitu bawang putih hal ini karena kandungan allicin didalamnya yang merupakan molekul untuk memberikan bau yang khas pada bawang putih ini, dengan memiliki bau yang sangat kuat dan khas karena senyawa yang mengandung belerang sehingga membuat indra penciuman tikus terganggu.

Mungkin hanya itu saja beberapa bau yang tidak disukai tikus yang perlu kamu ketahui dan tentunya ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir tikus secara alami dan pastikan juga kebersihan rumah yang selalu bersih agar tidak ada tikus, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

tikus