Batas Toleransi Makanan Kucing Kadaluarsa

Nesiaverse.com – Sampai kapan batas toleransi makanan kucing kadaluarsa? Apa makanan kadaluarsa masih bisa dimakan? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait batas toleransi untuk makanan kucing yang sudah kadaluarsa.

Sering kali kamu lupa mengecek tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan makanan kucing, dengan tidak sengaja makanan yang sudah kadaluarsa itu kamu berikan kepada si kucing untuk dimakan. Memang untuk awal-awal kadaluarsa makanannya masih terlihat sama seperti biasa.

Aroma serta tekstur dari makanan nya pun masih bagus kalo di awal-awal kadaluarsa, tapi tetap saja jika dikonsumsi terus menerus sama kucing bisa menyebabkan hal-hal buruk pada sistem pencernaannya. Mungkin awal pemberian akan baik-baik saja, namun tidak untuk kedepannya.

Advertisment

Lalu kalau begitu sampai kapan batas toleransi makanan kucing kadaluarsa? Nah, disini akan memberikan penjelasan tentang batasan toleransi untuk makanan kucing yang kadaluarsa secara jelas dan menyeluruh. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Batas Toleransi Makanan Kucing Kadaluarsa

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai jenis makanan kucing dry food dan wet food serta manfaatnya. Penting kenali hal itu, agar kamu dapat mengetahui kedua jenis makanan kucing tersebut dan apa saja manfaatnya untuk kucing.

Dry food atau makanan kering merupakan jenis makanan padat dengan tekstur yang kering untuk kucing. Biasanya makanan kering ini dibuat dengan berbagai macam bentuk yang unik dan lucu, supaya menarik perhatian si kucing yang memakannya agar lebih menyenangkan.

Sedangkan wet food adalah kebalikan dari dry food, produk makanan ini memiliki tekstur yang basah dan lebih lembut karena mengandung banyak air sesuai dengan namanya yaitu wet food atau makanan basah untuk kucing. Biasanya wet food dikemas dengan kelengan atau sachetan.

Keduanya sama-sama memiliki keunggulan serta mempunyai manfaatnya masing-masing. Walaupun begitu kedua makanan ini sama-sama baik dan bagus untuk kucing konsumsi sebagai asupan nutrisi dan gizi yang seimbang bagi mereka untuk bisa terus tumbuh sehat.

Wet food memiliki keunggulan serta manfaatnya tersendiri, karena kedua jenis makanan tersebut pastinya ada plus dan minusnya bukan? Nah, berikut ada beberapa manfaat wet food untuk kucing, diantaranya adalah:

  • Mempermudah kucing dalam memakannya karena teksturnya lebih halus dan lembut
  • Memenuhi cairan dalam tubuh kucing karena mengandung banyak air
  • Terhindar dari resiko obesitas karena kalori dalam wet food sangat rendah
  • Menghindari kucing dari konstipasi karena mudah dicerna dengan kandungan banyak air
  • Menggugah selera makan kucing karena aromanya lebih pekat daripada dry food
  • Bagus untuk kesehatan saluran kemih dan menjaga kesehatan usus kucing

Begitupun dengan dry food atau makanan kering untuk kucing, mereka juga memiliki keunggulan serta manfaatnya tersendiri. Nah, berikut ada beberapa manfaat makanan kering untuk kucing, diantaranya adalah:

  1. Membantu anak kucing berlatih mengunyah, seiring bertambahnya usia anak kucing pastinya akan mulai bisa untuk mengunyah makanan yang bertekstur keras atau kering.
  2. Sumber energi untuk kucing karena makanan kering ini cukup padat, sehingga kandungan nutrisinya lebih banyak.
  3. Bagus untuk kesehatan gigi kucing yang memiliki banyak plak atau karang di giginya, sehingga dengan sering mengunyah makanan kering akan membantu membersihkannya.
  4. Lebih praktis dan cukup tahan lama karena dry food bukan tipe makanan basah yang cenderung cepat basi, jadi tidak mudah berjamur dan tahan lama untuk dikonsumsi.
  5. Memenuhi kebutuhan nutrisi si kucing dengan kandungan gizi dan nutrisi seimbang.

Dry food merupakan makanan kering untuk kucing, biasanya dry food ini bisa disimpan selama 6-3 tahun lamanya. Namun, jika sudah dibuka kemasan makanan tersebut ketahanannya akan berubah, jadi kamu harus pastikan dry food kucing tersebut untuk dihabiskan dalam 6 minggu.

Namun, untuk makanan basah kucing atau wet food biasanya akan tahan 1 hari saja, tapi kalau kamu menyimpannya di kulkas wet food dapat tahan selama 5 hari. Walaupun begitu sebisa mungkin untuk wet food beli saja yang bentuk kemasan supaya sekali makan dan sekali habis.

Walaupun begitu sebenarnya makanan yang sudah lewat tanggal atau dibilang kadaluarsa, ternyata masih bisa dikonsumsi untuk kucing. Buat kamu yang sering banget kelupaan mengecek tanggal kadaluarsa dan makanannya masih terlihat baik serta tidak meninggalkan bau busuk.

Hal itu masih ditoleransi jika memang makanan kucing tersebut masih terlihat layak dimakan, biasanya batas toleransi untuk makanan kucing yang sudah lewat tanggal selama makanannya masih tetap bagus, tidak berjamur dan bau busuk, masih aman-aman saja dimakan kucing.

Hanya saja mungkin makanan tersebut jadi tidak sedap sebelum kadaluarsa dan kandungan nutrisi serta gizinya akan hilang atau mungkin berkurang. Jadi sangat tidak efektif dan sia-sia saja untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kucing, tidak akan membuatnya menjadi ternutrisi.

Kalau diberikan terus menerus bisa bikin kucing diare dan mencret juga, bahkan kalau sudah mulai berjamur bisa lebih berbahaya lagi. Maka dari itu disarankan untuk segera membuang makanan kucing yang sudah kadaluarsa ke tempat sampah yang jauh dari jangkauan kucing.

Karena untuk menghindari adanya kucing liar yang memakan makanan tersebut, kalo dibuang sembarangan. Buanglah dengan baik kalau bisa masukan lagi ke dalam kantong plastik dan ikat sampai benar-benar rapat agar tidak mudah terkoyak, jadinya akan terbuang dengan aman.

Itulah beberapa penjelasan tentang batas toleransi makanan kucing kadaluarsa yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya tidak lagi sembarangan memberikan kucing makanan yang sudah kadaluarsa karena alasan masih fresh, masih bagus, atau masih wangi tidak bau apapun.

Pentingnya untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa di setiap kemasan makanan kucing yang selalu kamu beli, baik dry food ataupun wet food untuk menghindari terjadinya masalah dalam pemberian makan yang kadaluarsa kepada kucing nantinya. Good Luck semoga membantu.

kucingmakanan kucing