Bahaya Singkong Untuk Lambung

Nesiaverse.com – Singkong yang ternyata dapat membahayakan lambung dan juga kesehatan jika dikonsumsi yang masih mentah atau tidak dimasak sampai matang, lalu apa saja bahaya singkong untuk lambung? Untuk mengetahui bahayanya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Singkong merupakan jenis sayuran umbi akar yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, dimana di Indonesia singkong yang termasuk ke dalam salah satu makanan pokok yang bisa ditanam dengan mudah dan bisa ditemukan di mana-mana.

Walaupun memang singkong ini relatif sehat tetapi kamu tidak boleh mengkonsumsi singkong sembarangan karena terdapat kandungan senyawa yang bisa berbahaya untuk lambung dan juga bisa menyebabkan risiko gangguan kesehatan yang lainnya.

Advertisment

Lalu apa saja sih bahaya singkong untuk lambung dan juga kesehatan lainnya secara keseluruhan? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya bersama-sama untuk itu yuk simak penjelasanya di bawah ini dengan seksama.

Bahaya Singkong Untuk Lambung

Advertisment

Dimana jika singkong dimasak dengan baik dan benar serta dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, maka singkong ini umumnya relatif aman dan juga sehat dan bahkan bisa memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan.

Tetapi sebaliknya singkong yang dapat membahayakan lambung jika kamu mengkonsumsi singkong tersebut pada saat masih mentah atau tidak dimasak sampai matang, dimana untuk bahaya singkong untuk lambung yaitu keracunan sianida dan juga masalah pencernaan.

Dapat Menyebabkan Keracunan

Singkong yang mengandung senyawa berbahaya atau bahan kimia didalamnya yaitu bernama glikosida sianogenik. jika bahan kimia ini dikonsumsi yang dapat melepaskan sianida yaitu sebuah senyawa mematikan ke dalam lambung dan sistem pencernaan..

Mengkonsumsi glikosida sianogenik dalam jumlah yang banyak atau berlebihan berpotensi meningkatkan risiko keracunan sianida, keracunan sianida dikaitkan dengan gangguan fungsi tiroid dan saraf, kerusakan organ, kelumpuhan bahkan hingga mengakibatkan kematian.

Gejala keracunan sianida singkong yaitu seperti mual, sakit perut, muntah, lemas, sakit kepala, diare, sesak napas, kebingungan dan juga jantung berdebar, untuk kasus lebih parah keracunan sianida yang bisa menyebabkan kejang, henti jantung dan juga kehilangan kesadaran.

Dapat Mengganggu Lambung dan Pencernaan

Singkong yang mengandung banyak pati kaya akan amilosa didalamnya, pati jenis ini yang tergolong sulit untuk dicerna oleh tubuh, selain itu juga dengan makanan yang tinggi pati juga bisa menyebabkan kembung dan kondisi ini yang lebih sering ditemukan pada orang yang jarang atau tidak pernah berolahraga.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa bahaya singkong untuk lambung yang bisa kamu ketahui dan waspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

lambung