7 Bahaya Mengantuk di Pagi Hari

Nesiaverse.com – Jika kamu kerap kali merasakan ngantuk di pagi hari, kamu harus mewaspadai beberapa bahaya yang mungkin terjadi. Setiap pagi hari biasanya setelah bangun tidur, pasti kamu seharusnya merasakan semangat untuk beraktivitas. Namun tidak sedikit yang merasakan tidak bersemangat di pagi hari, seperti mengantuk. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi hal ini adalah gejala dari sebuah penyakit

Berhati-hatilah jika kamu mengantuk di pagi hari, padahal kamu sudah memiliki waktu tidur yang cukup. Hal ini bisa menjadi salah satu pertanda jika kondisi kesehatanmu menurun. Hal ii dilansir dari halaman Popsugar.com, rasa mengantuk secara terus menerus yang terjadi di pagi hari padahal dalam kondisi cukup tidur menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh kamu tidak dalam kondisi yang sehat. 

Bahaya Mengantuk di Pagi Hari 

Advertisment

Tidur merupakan aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental seseorang. Yang mana setiap orang berdasarkan pada usia dan kesehatan mentalnya tentunya memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Meskipun rata-rata pada usia dewasa, seseorang membutuhkan setidaknya waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya. 

Advertisment

Jika kebutuhan waktu tidur kamu terpenuhi, maka merupakan suatu hal yang bagus. Namun, jika waktu tidur sudah terpenuhi namun kamu kerap kali merasa kelelahan di pagi hari bahkan sering mengantuk, hal ini yang perlu diwaspadai. Karena kondisi tersebut dapat menjadi salah satu gejala penyakit yang serius.

Rasa mengantuk di pagi hari yang terjadi secara terus menerus merupakan bahaya yang bisa menjangkit seseorang. Ada beberapa tanda gangguan kesehatan yang dapat ditandai dengan munculnya gejala atau rasa kantuk di pagi hari. Nah, berikut beberapa bahaya ngantuk di pagi hari. 

Gangguan Pencernaan 

Bahaya mengantuk di pagi hari yang pertama adalah sebagai salah satu gejala atau tanda bahwa kamu memiliki gangguan pencernaan. Salah satu bahaya ini ditandai dengan adanya kondisi dehidrasi di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh dapat mengalami gangguan pada sistem pencernaan. 

Hal ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan kurang maksimalnya dalam mengeluarkan racun dan kotoran di dalam tubuh. Sehingga akan membuat perut kamu merasa tidak nyaman, bahkan bisa mengundang gangguan lainnya, misalnya risiko sembelit. Salah satu gejalanya adalah kamu mengalami ngantuk di pagi hari setiap harinya. 

Diabetes

Bahaya mengantuk di pagi hari lainnya adalah diabetes. Rasa ngantuk di pagi hari merupakan salah satu ciri bahwa kamu memiliki resiko terjangkit penyakit diabetes di dalam tubuh. Umumnya hal ini dikarenakan kadar glukosa di dalam tubuh yang sangat tinggi.

Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya untuk selalu melakukan cek kadar gula darah yang bisa membantu untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Maka, kamu harus berhati-hati jika mengalami gangguan kantuk di pagi hari. Sehingga kamu harus melakukan check up, untuk mengetahui kondisi tubuh kamu yang sebenarnya. 

Anemia

Rasa kantuk di pagi hari yang selalu muncul, padahal kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari, mesti kamu waspadai. Hal ini dikarenakan menjadi salah satu gejala penyakit anemia atau kekurangan darah. 

Volume sel darah merah yang cukup di dalam tubuh sangatlah penting, karena sel darah merah juga yang bekerja untuk membawa oksigen ke dalam tubuh manusia. Sehingga jika kamu mengalami anemia, hal ini berdampak pada kondisi tubuh yang kekurangan oksigen dan menyebabkan gejala kantuk di pagi hari, meskipun kamu sudah tidur dengan cukup. 

Gangguan Metabolisme

Selanjutnya, bahaya mengantuk di pagi hari adalah dari gangguan metabolisme, rasa kantuk memungkinkan beberapa orang akan memilih untuk tidur sekejap di pagi hari. Hal inilah yang kemudian akan membuat laju metabolisme dalam tubuh berhenti. Karena nantinya segala proses dalam tubuh akan mengalami penurunan atau lambat sewaktu-waktu ketika kamu sedang tidur. Maka, berhati-hatilah dan sadari juga periksa kondisi kesehatan kamu, jika memiliki gejala ngantuk di pagi hari secara terus menerus. 

Efek Obat

Rasa mengantuk di pagi hari bisa terjadi ketika kamu mengonsumsi sebuah obat, atau sedang menjalani perawatan menggunakan obat. Hal ini bisa dikatakan sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Agen farmakologis beranggapan jika zat kimia di dalam obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi secara langsung pada sistem saraf pusat, sehingga dapat menyebabkan rasa ngantuk di pagi hari.

Sehingga dalam konsumsi beberapa jenis obat, memiliki efek samping yang menyebabkan ngantuk, hal ini guna membiarkan tubuh untuk istirahat lebih lama. Jadi, kamu dianjurkan untuk melakukan konsultasi kepada dokter mengenai efek dari obat satu ini. Karena bagaimanapun jika mengantuk di pagi hari tentunya akan mengganggu jam produktif kamu, sehingga tidak baik. 

Gejala OSA

Memiliki rasa kantuk yang berlebihan di pagi maupun siang hari, dikaitkan dengan gejala OSA, yaitu gangguan tidur yang disebabkan adanya penyumbatan saluran napas, khususnya di bagian atas. Para pasien OSA, dimana didominasi oleh 23 % wanita dan 16% pria akan memiliki gejala atau kebiasaan ngantuk di siang hari. Sehingga pengidap OSA akan jauh lebih rentan mengalami kecelakaan lalu lintas, karena rasa ngantuk yang berlebihan sehingga tidak dapat dikontrol. 

Jika kamu mengalami gejala dan keluhan serupa, maka kamu wajib melakukan pemeriksaan. Apakah rasa ngantuk yang selalu terjadi di pagi hari adalah rasa ngantuk biasa, atau berasal dari gejala penyakit OSA. Dengan demikian kamu dapat melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan lebih cepat.

Kurang Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia akan menyebabkan pengidapnya mengalami kurang tidur. Sehingga akan berdampak dimana merasa ngantuk secara berlebihan di pagi hari maupun siang hari. Dalam sebuah studi juga menunjukan, jika orang dewasa yang hanya tidur selama 6 jam setiap malamnya, dapat mengalami kerusakan dalam fungsi neurologis yang signifikan. 

Gejala kurang tidur ini umumnya terjadi jika satu malam saja seseorang kurang tidur. Kemudian orang-orang yang kurang tidur ini bahkan tidak menyadari bahwa kinerjanya mengalami penurunan. Tentu saja dampak satu ini akan merugikan kamu sebagai pekerja. 

Selain dampak ini berasal dari berbagai gejala,ada beberapa bahaya atau efek negatifnya.

  • Obesitas, seseorang yang kurang tidur dapat memiliki risiko obesitas yang jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan nafsu makan kamu akan meningkat,sehingga memiliki kemungkinan besar makan lebih banyak ketika begadang. 
  • Penyakit Jantung, bagi kamu yang kurang tidur dan sering tidur di pagi hari hal ini dapat memacu dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Misalnya, serangan jantung dan stroke hal ini dampak dari kurang tidur. 
  • Sulit berpikir, seseorang akan mengalami gangguan dan kesulitan untuk fokus dan berpikir ketika mengalami gangguan kurang tidur. Karena nantinya otak tidak dapat berpikir dengan fokus dan berpikir jernih. 
  • Suasana hati tidak stabil, dampak dari kurang tidur ini dapat menyebabkan emosi kamu tidak stabil dan rasa lelah yang berlebihan. Ketika kamu kurang tidur di malam hari, apalagi dalam jangka panjang selain berdampak pada perubahan mood kamu memiliki risiko depresi yang tinggi. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa ancaman dan bahaya dari mengantuk di pagi hari. Beberapa kemungkinan yang harus kamu waspadai jika mengantuk di pagi hari adalah gejala beberapa penyakit. Sehingga kamu dianjurkan untuk berhati-hati dan lebih menyadari kondisi dan kesehatan tubuh setiap saatnya.

ngantuk