7 Bahaya Melakukan Plank Terlalu Lama Pada Kesehatan

Nesiaverse.com – Terlalu lama melakukan gerakan plank, dapat mendatangkan bahwa pada kesehatan tubuh. Mengingat plank sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat diminati dan juga terhitung sederhana. Namun, plank dapat memberikan resiko dan ancaman kesehatan jika dilakukan secara berlebihan. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui dampak dari kesalahan dan bahaya yang mengintai ketika kamu melakukan plank terlalu lama. 

Melakukan plank sendiri sebenarnya sama dengan melakukan push up, dimana nantinya kita akan menempatkan beban tubuh pada telapak tangan dan ujung kaki, sebagai tumpuannya. Namun, dalam gerakan plank sendiri kamu harus menjaga posisi tersebut selama beberapa detik hingga menit. Sementara untuk push up kamu akan melakukan gerakan naik dan turun, sehingga ada variasi gerakan dalam frekuensi tertentu.

Bahaya Melakukan Plank Terlalu Lama Pada Kesehatan 

Advertisment

Plank merupakan salah satu jenis kegiatan olahraga yang kerap kali dilakukan oleh wanita maupun pria. Plank sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Diantara manfaat melakukan plank adalah untuk membantu menguatkan otot di area lengan dan perut. Sehingga nantinya akan membantu untuk pembentukan tubuh yang ideal. 

Advertisment

Namun, sedikit yang mengetahui bahwa yang mengintai ketika kamu melakukan plank secara berlebihan. Karena hal ini dapat mengundang gangguan ringan yang akan mendatangkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui bahaya apa saja yang mengintip ketika melakukan plank terlalu lama pada kesehatan tubuh. 

Berikut kamu sudah merangkum beberapa macam bahaya dalam melakukan plank terlalu lama pada kesehatan. Maka, simaklah uraian selengkapnya di bawah ini. 

Kelelahan

Bahaya dan dampak yang pertama adalah kelelahan, merupakan salah satu bahaya dan ancaman yang mengintai ketika kamu melakukan plank terlalu lama bagi kesehatan tubuh. Plank merupakan olahraga yang menumpukan seluruh berat badan pada lengan dan ujung kaki. Kemudian tubuh kamu akan menekuk, meskipun olahraga ini ringan namun jika dilakukan secara berlebihan bisa memicu kelelahan yang berlebihan. 

Saat kamu melakukan plank terlalu lama, tangan dan ujung kaki akan menahan tubuh dalam frekuensi yang panjang juga. Sehingga energi akan terkuras juga, maka tidak mustahil jika badan kamu akhirnya merasakan sensasi lelah yang berkepanjangan. Karena planks sendiri dapat membantu pembakaran kalori tubuh, sehingga banyak energi yang keluar bersamaan. Mkaa, lakukanlah plank dengan frekuensi yang sesuai dan tidak berlebihan. 

Kram Lengan dan Punggung

Ketika kamu melakukan plank terlalu lama, bahaya pada kesehatan yang mengancam adalah munculnya kram pada lengan dan punggung. Hal ini disebabkan otot bagian lengan dan punggung menerima beban tumpuan yang paling besar saat melakukan plank. Sehingga jika dilakukan dengan durasi yang panjang atau berlebihan, kedua area inilah yang akan terkena dampaknya. 

Otot bagian lengan dan punggung yang dipergunakan secara terus menerus juga akan jauh lebih cepat menegang. Sehingga ketika kamu melakukan planks secara berlebihan, maka dapat memicu bagian lengan dan punggung menjadi tegang dan muncullah kram. Selain itu, hal ini dapat memicu gangguan kesehatan lainnya. 

Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang menjadi salah satu bahaya dan ancaman pada kesehatan jika kamu melakukan plank terlalu lama. Ketika kamu melakukan kegiatan olahraga seperti plak secara berlebihan, hal inilah yang akan menyebabkan gangguan tidur yang ekstrim. Meskipun olahraga dapat membantu untuk meredakan insomnia, semua tidak berarti ketika kamu justru melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan. 

Ketika kamu melakukan plank secara berlebihan, yang memicu otot lengan dan punggung menegang. Hal inilah yang dapat memicu munculnya stres, sehingga akan memproduksi hormon kortisol yang meningkat dan mampu kamu akan terjaga sepanjang malam. Maka pastikanlah kamu melakukan gerakan plank secukupnya, sehingga tidak akan mengganggu kesehatan tubuh kamu.

Menurunnya Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat dari melakukan plank adalah untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan pada tubuh. Namun, ketika kamu melakukannya secara berlebihan olahraga olank ini, justru akan membuat sistem imunitas tubuh terganggu dan tidak berjalans ebagia mana mestinya.

Plank yang dilakukan terlalu lama dan secara berlebihan akan mengganggu waktu atau ritme istirahat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan memicu insomnia. Ketika seseorang mengalami insomnia, maka sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh juga akan menurun dengan cepat. 

Gangguan Kesehatan Jantung

Salah satu bahaya yang mengintai ketika melakukan plank terlalu lama pada kesehatan adalah dapat memicu gangguan kesehatan jantung. Bahaya satu ini tentunya merupakan tingkatan yang kronis. Sebab plank sendiri merupakan jenis olahraga yang membutuhkan energi yang cukup untuk menunjang kinerja jantung juga. Sehingga jika kamu terlalu berlebihan melakukan planks secara terus menerus, maka fungsi jantung pun akan menurun. 

Maka, ada baiknya bagi kamu untuk mengatur jadwal untuk melakukan plank. Sehingga nantinya tubuh kamu memiliki waktu istirahat. Sehingga kamu tetap bisa melakukan plank secara baik dan benar. Tanpa mengganggu dan membebani jantung ketika melakukannya secara berlebihan. 

Penyakit Osteoarthritis

Penyakit Osteoarthritis merupakan salah satu bahaya yang disebabkan melakukan plank terlalu lama pada kesehatan. Penyakit satu ini merupakan salah satu bahaya yang bisa mengintai sewaktu-waktu jika kamu melakukan kegiatan plank secara berlebihan. Jenis penyakit osteoarthritis sendiri merupakan jenis penyakit yang umumnya diderita para lansia. 

Maka, sebaiknya sejak dini kamu lebih memperhatikan mengenai frekuensi kamu melakukan olahraga plank. Jangan melakukan plank terlalu lama dan berlebihan. Karena dapat menyebabkan bahaya yang akan datang sewaktu-waktu tanpa kamu sadari, kemudian akan terasa saat kamu menginjak usia lansia. Umumnya gejala yang diarasakan pendeirtanyadalah kram di area persendian tangan dan dapat menyebabkan pembengkakan secara signifikan juga.

Nyeri Otot

Terakhir adalah nyeri otot, sebagai salah satu bahaya yang mengintai ketika kamu melakukan gerakan plank terlalu lama khususnya pada kesehatan tubuh. Kram yang berkepanjangan dapat menyebabkan otot menegang dalam jangka waktu lama dan menimbulkan rasa sakit yang berlebih. Hal inilah yang dapat menyebabkan nyeri otot. 

Meskipun ketika nyeri otot kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi minuman herbal penghangat tubuh. Karena umumnya minuman herbal yang memiliki fungsi penghangat tubuh ini dapat menenangkan saraf dan otot tubuh. Sehingga jika kamu mengalami rasa nyeri otot pasca melakukan gerakan olank berlebihan, kamu dapat mengkonsumsi minuman herbal tersebut untuk menghentikan rasa nyerinya. 

Selain itu, jika kamu melakukan gerakan plank yang keliru atau salah, hal tersebut dapat menyebabkan cedera juga. Maka, kamu harus memperhatikan gerakan dan postur saat melakukan gerakan plank tersebut. Diantara kesalahan gerakan plank yang menyebabkan cedera adalah sebagai berikut.

  • Punggung terlalu ke atas, yang mana gerakan ini justru akan menyebabkan titik beban pada lengan dan pinggul, sehingga akan mudah terasa lelah saat melakukan plank ini. 
  • Menurunkan pinggul, ketika otot perut tidak lagi di tekan, maka kamu tidak akan melatih otot perut. Hal ini dapat menyebabkan kram juga.
  • Mendongakkan kepala ke depan, merupakan posisi yang dapat menyebabkan otot leher tidak tertarik dna stress karena tambahan beban pada tubuh. Maka, pastikan kamu melakukan gerakan plank dengan baik dan benar.

Demikian pembahasan mengenai berbagai macam bahaya dalam melakukan gerakan plank yang terlalu lama, pada kesehatan tubuh. Dengan demikian kamu akan terlindungi dari berbagai macam bahaya yang mengintai bagi kesehatan tubuh kamu. Lakukan gerakan plank yang baik dan benar, dengan begitu manfaat yang kamu dapatkan juga lebih banyak.

bahaya plankplank