5 Bahaya Karang Gigi Yang Perlu Kamu Waspadai

Nesiaverse.com – Seringkali orang-orang mengabaikan bahaya karang gigi. Munculnya karang di gigi memang tidak langsung terbentuk begitu saja, tetapi karang gigi akan tumbuh sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya akan semakin banyak.

Jika dibiarkan semakin menyebar dan menumpuk di gigi, maka dapat membahayakan pada kesehatan mulut secara keseluruhan. Karena memang seberdampak itu bahaya karang gigi bagi kesehatan mulut kita. Makanya, jangan pernah mengabaikan hal itu.

Memang merawat gigi bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan dan tentunya memerlukan biaya. Tapi, perlu untuk kamu ketahui kalau merawat gigi itu jauh lebih mudah dan hemat, dibandingkan dengan mengobati gigi kita yang rusak nantinya.

Advertisment

Lalu, kalau begitu apa saja sih bahaya karang gigi? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai bahayanya karang gigi bagi kesehatan mulut kita secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Bahaya Karang Gigi Yang Perlu Kamu Waspadai

Advertisment

Sebelum membahas tentang bahaya karang gigi, sebenarnya apa sih penyebab munculnya atau timbulnya karang gigi? Pada umumnya, karang gigi disebabkan oleh menumpuknya plak yang terbentuk dari bakteri akibat sisa-sisa makanan yang kamu konsumsi dan plak tersebut semakin mengeras, sehingga menjadi karang gigi.

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab lainnya yang dapat memicu pertumbuhan karang gigi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi makanan manis seperti permen, coklat, dan minuman manis yang mengandung banyak gula.
  2. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  3. Kurangnya minum air putih sehingga produksi air liur berkurang.
  4. Cara menyikat atau menggosok gigi yang salah.
  5. Kurangnya menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh.

Nah, jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka perlu kamu ingat dan usahakan hindari pemicu-pemicu tersebut. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk melakukan scaling secara rutin setiap 6 bulan sekali, tergantung seberapa parah kondisinya.

Apabila kamu abaikan, jangan kaget kalau nantinya pertumbuhan karang di gigi kamu jadi semakin cepat dan menumpuk. Bahkan bisa membahayakan kesehatan mulut dan tubuh kamu juga, lho! Seperti berikut adalah bahaya karang gigi yang dibiarkan terus-menerus, diantaranya yaitu:

Radang Gusi atau Gingivitis

Dilansir dari Laman medicalnewstoday, karang gigi yang menempel di gusi dapat menyebabkan Gingivitis atau Radang Gusi. Dimana hal ini terjadi akibat penumpukan plak pada gigi dan dapat diobati dengan perbaikan kebersihan pada mulut. Gejala gingivitis secara umum terjadi perubahan pada warna gusi dan adanya pendarahan.

Gingivitis atau Radang Gusi biasanya disebabkan oleh faktor usia, kebiasaan merokok, penggunaan obat-obatan tertentu, penumpukan plak atau karang gigi, perubahan hormon (seperti wanita hamil, menstruasi, atau menopause), akibat penyakit tertentu (seperti diabetes, leukemia, atau HIV/AIDS).

Kamu bisa mencegah penyakit ini dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi dengan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari.
  • Berhenti merokok, sebab rokok dapat meningkatkan risiko terkena gingivitis.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, sebab gula kerap menjadi biang terjadinya penumpukan plak.
  • Rutin melakukan pemeriksaan gigi pada dokter ahlinya.
  • Gunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan sela-sela gigi.
  • Hindari menyikat gigi terlalu kasar, karena hal ini dapat merusak gusi.
  • Perhatikan pola makan dan hindari makanan yang dapat menyebabkan penumpukan plak. Seperti makanan dengan tingkat lemak tinggi, atau junk food.

Memicu Bakteri Untuk Bersarang di Gigi

Bahaya karang gigi selanjutnya adalah memicu bakteri bersarang di gigi. Karang gigi atau plak umumnya terbentuk dari sisa makanan, air liur, dan bakteri di mulut.

Manakala tidak dibersihkan secara teratur, tentu dapat memicu bersarangnya bakteri di gigi. Bakteri ini nantinya yang menjadi sumber dari berbagai permasalahan pada kesehatan mulut, termasuk penyebab bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Bahkan lebih parahnya, bakteri dari karang gigi ini dapat masuk ke dalam aliran darah sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada tubuh.

Cara terbaik untuk mencegah bakteri bersarang di gigi adalah dengan rutin menyikat gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride, mengurangi konsumsi makanan manis yang menjadi potensi risiko terbentuknya karang gigi, terakhir adalah dengan sebisa mungkin untuk menghindari merokok.

Menyebabkan Kerusakan Pada Gigi

Karang gigi juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi akibat lapisan lengket yang terbentuk dari sisa makanan, air liur, atau bahkan bakteri di mulut.

Apabila tidak teratur dibersihkan, karang gigi dapat merusak lapisan luar gigi (enamel) dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Bakteri dalam karang gigi juga berkemungkinan untuk menghasilkan asam yang dapat merusak gigi dengan cara melarutkan mineral pada enamel, sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, bahaya karang gigi juga dapat menyebabkan gigi jadi semakin rapuh dan bahkan permukaan gigi jadi terkikis akibat pertumbuhan karang gigi yang menumpuk.

Berisiko Terkena Penyakit Periodontitis

Selain poin-poin diatas, bahaya karang gigi juga dapat berisiko menyebabkan penyakit Periodontitis. Melansir dari National Library of Medicine, periodontitis terjadi ketika kondisi periodontal telah berkembang melampaui gingivitis menjadi penyakit inflamasi kronis, destruktif, dan dapat berakibat fatal, bahkan tidak bisa disembuhkan.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, periodontitis merupakan sejenis penyakit gusi yakni peradangan parah pada gusi, gejalanya bisa berupa gusi memerah, berdarah, atau bengkak. Akibatnya, pembuluh darah akan mengalami kerusakan dan penyumbatan, sehingga berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke.

Apabila tidak melakukan pengobatan, periodontitis dapat menyebabkan kamu kehilangan gigi. Penanggulangan dari penyakit ini mungkin dapat melibatkan pembersihan gigi secara mendalam, bahkan pada kasus yang parah dapat dilakukannya pembedahan. Dengan menyikat gigi dan membersihkannya secara teratur, dapat mencegah kamu terjangkit penyakit periodontitis ini.

Menyebabkan Bau Mulut dan Mengganggu Penampilan

Karang gigi dapat berpotensi menyebabkan banyak area pada permukaan mulut ditempeli plak, sehingga memberi bakteri tempat yang bagus untuk bersarang dan tumbuh di dalamnya. Bakteri-bakteri inilah yang menghasilkan bau tak sedap pada mulut.

Selain itu, karena karang gigi memiliki pori-pori seperti kemeja katun dan meja granit, maka mereka dapat dengan mudahnya menyerap noda. Seperti kopi, teh, dan asap rokok akan tampak lebih mencolok nantinya.

Apabila karang gigi muncul hingga gigi bagian depan dapat mengganggu penampilan kamu dan jadi tidak percaya diri ketika tersenyum. Karena, gigi akan tampak berwarna kuning disertai karang gigi yang tumbuh di area sela-sela gigi.

Itulah beberapa penjelasan terkait bahaya karang gigi yang perlu kamu waspadai. Jika kamu sudah mengetahui seberapa bahayanya karang gigi untuk kesehatan tubuh, maka segeralah untuk mulai merawat dan menjaga kebersihan gigi dengan lebih intens lagi.

Rutin konsultasi ke dokter gigi, jika kamu memang memerlukannya dan punya budget lebih untuk melakukan perawatan gigi ke dokter. Rajin-rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan gigi. Good Luck semoga membantu.