6 Bahaya Efek Samping Masker Tepung Beras

Nesiaverse.com – Buat kamu yang ikut-ikutan trend biar kekinian dengan membuat dan memakai masker tepung beras di sosmed, ternyata mempunyai bahaya efek samping masker tepung beras yang selama ini selalu kamu lakukan secara rutin.

Tanpa kita sadari efek yang muncul di kulit wajah kamu mulai bermunculan perlahan-lahan. Memang sekilas saat kamu memakainya membuat kulit terasa lembut, halus dan cerah. Namun hal itu hanya terjadi sesaat saja pas pertama kali pemakaian.

Tepung beras memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, tapi tidak dengan mengolahnya langsung oleh kamu yang tidak tahu apa-apa dalam proses pembuatan masker untuk wajah serta kecantikan secara baik dan benar.

Advertisment

Disarankan untuk menggunakan produk masker yang sudah diproses oleh ahlinya saja, dengan bahan baku utama tepung beras agar lebih aman. Simaklah beberapa bahaya efek samping masker tepung beras yang kamu olah sendiri!

Bahaya Efek Samping Masker Tepung Beras

Advertisment

Hayoloh! Jangan-jangan kamu kesini karena sehabis memakai masker tepung beras terus malah ngerasa gatal-gatal tanpa mengetahui terlebih dahulu apa bahaya dan efek sampingnya untuk kulit wajah kamu yang nantinya bukan jadi lebih bagus tapi malah rusak.

Hmm.. kalau udah gini sih bakal sulit, harus segera diobati oleh dokter kulit. Jangan merasa sedih dulu ya, pasti kamu seperti itu juga karena ingin cantik. Hanya saja kamu salah dalam merawatnya sehingga terjerumus dalam hal-hal yang seperti ini.

Tidak apa-apa! Jadikan saja itu pelajaran untuk kamu kedepannya, jangan lagi melakukan kesalahan untuk kedua kalinya. Pakailah produk skincare yang cocok di kulit wajah kamu supaya mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Maka dari itu perlu kamu ketahui juga efek atau tanda-tanda ketidak cocokan kulit kamu saat memakai masker tepung beras ini. Supaya dapat terhindar dan tidak lagi ceroboh dalam pemakaiannya. Berikut adalah efek sampingnya:

Kulit Wajah Makin Berminyak

Lho bukannya dengan maskeran tepung beras ini katanya bisa mengatasi minyak berlebih ya? Tapi kenapa malah membuat kulit wajah makin berminyak? Memang benar, salah satu manfaatnya dapat meresap atau mengatasi sebum berlebih di kulit wajah kamu. Tapi disatu sisi lain hal ini juga dapat membuat kulit wajah malah berminyak.

Namun justru dengan terjadinya hal itu secara tidak langsung merangsang kulit wajah kamu memproduksi lebih banyak minyak. Proses produksi minyak alami di kulit wajah malah akan semakin meningkat sehingga bukannya masalah kulit wajah kamu yang berminyak ini teratasi tapi malah memperburuk.

Perlu kamu ingat saat memakai masker tepung beras, sesaat memang membuat jadi tidak berminyak, tapi sayangnya hal itu bukan hasil yang sebenarnya. Itu karena tekstur atau bentuknya yang berupa tepung dapat menyerap kadar air serta minyak di kulit tapi tidak dengan menghilangkan minyak alami di wajah.

Kulit Wajah Terlihat Kusam

Iya tau kok alasan utama kamu memakai masker tepung beras itu untuk membuat wajah glowing kan? Tapi sayangnya malah sebaliknya. Tepung beras yang dipakai untuk wajah memang akan terlihat wajah kamu menjadi putih, tapi sebenarnya karena efek dari warna tepung beras itu sendiri yang putih.

Hal itu menyebabkan kulit kamu berminyak dan akan terlihat makin kusam. Wajah yang kusam disebabkan karena sebum yang berlebih di wajah, alih-alih membuat kulit supaya cerah glowing malah jadi kusam. Lebih baik gunakan produk skincare yang cocok di kulit wajah kamu agar lebih aman.

Dengan demikian kulit pun terawat dengan baik dan mendapatkan hasil yang bagus serta kulit wajah menjadi sehat. Ayo jangan enggan mengeluarkan uang kamu untuk membeli produk skincare yang aman, cintai dan hargailah kulit wajah kamu dalam merawatnya secara totalitas agar terawat dengan baik dan benar.

Pori-Pori Tersumbat

Ada aja masalah lainnya, katanya bisa mengangkat sel kulit mati tapi kok bisa pori-pori malah tersumbat? Ya iyalah jelas, walaupun ada manfaatnya untuk mengangkat sel kulit mati tapi sisa-sisa tepung yang menempel di kulit wajah dapat menyumbat pori-pori kamu. Sehingga akan tersumbat nantinya.

Kalau pori-pori tersumbat apa yang akan terjadi? Kotoran di wajah entah itu debu, sel kulit mati yang menumpuk bahkan bakteri yang ikut serta masuk ke dalam akan membuat kulit jadi kasar dan gradakan. Gak mau kan dibilang kulit kamu seperti kulit ayam? Pasti gak mau banget dan akan membuat kamu gak pede.

Jika dibiarkan terlalu lama pori-pori akan menjadi lebih besar dan kotoran yang tersumbat pun makin banyak. Bukannya mendapatkan kulit yang halus dan lembut, eh malah gradakan. Duh, apes banget kan? Tampilan cantik yang kita impi-impikan rusak begitu saja hanya karena kamu coba-coba pake masker tepung beras.

Wajah Menjadi Berkomedo

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sana mengenai wajah menjadi makin berminyak dan pori-pori tersumbat, itulah yang memicu munculnya komedo di wajah kamu. Siapa sih yang gak males kalo muka jadi banyak komedonya? Pasti iyuh.. bangetkan dan gak mau sampai hal itu terjadi di wajah kamu.

Membuat tampilan jadi lebih kusam dan tekstur kulit menjadi kasar, itu sih udah paket komplit! Makanya stop coba-coba bikin masker wajah pake tepung beras di rumah. Mulailah lebih menggunakan otak dan pikiran yang lebih logis lagi saat ingin merawat kulit wajah kamu biar mempunyai kulit yang bagus.

Kan walau seperti itu manfaatnya banyak buat kulit? Iya banyak sih banyak, itu karena ada beberapa kandungan yang memang bagus untuk kulit wajah. Tapi gak pake tepung juga ya! Mari cari aja yang sudah diolah dan aman dipakai.

Reaksi Alergi Atau Iritasi

Nah buat kamu yang kulitnya sensitif, terus pake masker tepung beras buat coba-coba. Jangan lagi-lagi deh ya! Udah tau sensitif, eh malah sembarangan pake ginian di kulit wajah yang dimana kulit wajah itu cukup rentan terhadap hal-hal seperti ini. Sehingga kulit wajah kamu jadi iritasi.

Dengan terjadinya iritasi di kulit wajah itu juga sudah termasuk tanda bahwa kamu memiliki alergi terhadap bahan tersebut. Membuat kulit wajah memerah dan panas bahkan kulit yang iritasi parah, kulit kamu bisa-bisa mengelupas. Jangan berani mencobanya lagi ya wahai para ladies yang bijak.

Jika terjadi reaksi alergi cobalah untuk konsultasi ke dokter kulit yang biasa kamu kunjungi agar mendapatkan arahan lebih lanjut lagi dalam mengatasinya. Lebih baik pakai juga produk skincare atau cari beberapa produk yang cocok untuk kulit wajah kamu serta dapat membantu masalah kulit wajah kamu.

Berjerawat

Aduh lagi-lagi berjerawat! Niatnya biar bersih dari jerawat tapi malah makin bertambah aja jerawatnya. Itu karena pori pori yang tersumbat dan minyak yang berlebih di wajah menyebabkan kulit wajah kamu muncul jerawat-jerawat baru. Bukan hanya satu atau dua bahkan bisa lebih dari itu.

Terus kalau udah gitu gimana? Sudah jelas kalau malah makin berjerawat kamu akan mengalami peradangan di kulit wajah akibat jerawat. Menimbulkan rasa nyeri di wajah dan sangat mengganggu. Tampilan menjadi memburuk, membuat mental kamu jadi down dan malah makin stres mikirinnya.

Dari stres itu jugalah yang bikin makin memperburuk kondisi wajah kamu. Jangan selalu termakan omongan orang-orang mengenai kecantikan yang bahkan mereka sendiri gak tau itu dapat menimbulkan efek samping atau tidak. Tetap semangat dan bangkit, mulailah mencari produk skincare yang cocok di kamu agar lebih terawat.

Itulah beberapa bahaya efek samping masker tepung beras yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya tepung hanya dapat digunakan untuk bahan baku adonan atau masakan saja. Walau memang ada kandungan yang bagus untuk kulit wajah, tapi nggak gitu juga konsepnya! Apalagi sampai digunakan setiap hari oleh kamu dapat memicu efek samping lainnya.

Memang bahan alami memiliki manfaat baik bagi kulit, namun tidak dengan cara pengolahannya yang salah apalagi ini sudah diolah menjadi tepung. Mana tau kan dalam proses pembuatannya higienis atau tidak. Ingat jika terjadi reaksi seperti yang ada di atas, segara hentikan pemakaian untuk menghindari hal yang lebih serius lagi. Good Luck semoga membantu!

bahaya masker tepung berasmaskermasker tepung beras