Bahaya Efek Samping Makan Kangkung Jika Berlebihan

Nesiaverse.com – Kangkung yang menjadi salah satu sayuran yang cukup terkenal di Indonesia dimana sayuran ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun selain manfaatnya ternyata dengan mengkonsumsi kangkung juga yang terdapat efek sampingnya jika berlebihan lalu apa saja bahaya efek samping Kangkung bisa simak dibawah ini.

Kangkung atau Ipomoea spp ini yang merupakan salah satu sayuran daun hijau yang sangat populer di Asia Tenggara dan sayuran ini juga yang dikenal sebagai swamp cabbage, water spinach dan water convolvulus, dimana kangkung yang memiliki bunga berwarna putih hingga merah muda dan untuk bagian batangnya yang berwarna hijau hingga ungu.

Kangkung yang menjadi tumbuhan termasuk ke dalam jenis sayur-sayuran dan juga ditanam sebagai salah satu olahan makanan, dan masakan kangkung ini yang disukai kebanyakan orang terutama di Indonesia karena rasanya yang enak dan nikmat dan diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Advertisment

Pada dasarnya untuk bahaya efek samping Kangkung memang salah satu hal yang perlu kita ketahui dan waspadai, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari hal ini nah jika kamu salah satunya untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan berikut.

Bahaya Efek Samping Makan Kangkung Jika Berlebihan

Advertisment

Pada dasarnya sayuran kangkung yang satu ini yang memang menjadi salah satu sayuran yang digemari banyak orang, apalagi kangkung yang mengandung beragama kandungan vitamin dan mineral yang memiliki peran penting untuk harian tubuh.

Dimana beragam kandungan dan mineral ini diantaranya vitamin A, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, antioksidan dan fosfor, dengan beragam kandungan yang terdapat di dalam kangkung ini sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun jika mengkonsumsi kangkung secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, dimana terdapat beberapa bahaya efek samping Kangkung yang perlu diketahui dan tentunya diwaspadai.

Dimana sebenarnya dengan mengkonsumsi kangkung yang sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah yang serius selama kamu selalu mengolahnya dengan baik dan benar, mencucinya dengan bersih dan juga tidak memiliki penyakit yang tertentu, untuk itu berikut beberapa bahaya efek samping Kangkung yaitu sebagai berikut.

Alergi

Bahaya efek samping Kangkung yang pertama yaitu dapat  menyebabkan terjadinya alergi seperti ruam merah, gatal-gatal hingga pusing, biasanya untuk efek samping ini yang hanya dialami oleh mereka yang mempunyai penyakit alergi terhadap kandungan zat magnesium yang terkandung didalam sayuran kangkung.

Terserang Asam Urat

Dimana zat purin yang terkandung didalam kangkung ini yang dapat menyebabkan atau memicu terjadinya penyakit asam urat kambuh, sehingga dengan begitu untuk penderita asam urat disarankan untuk tidak mengkonsumsi sayuran yang satu ini dan biasanya berakibat persendian menjadi terasa nyeri atau bahkan timbulnya pembengkakan.

Menyebabkan Sakit Perut

Dengan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan yang bisa menyebabkan bahaya efek samping yaitu sakit perut, dimana sayuran kangkung yang mengandung berbagai nutrisi seperti mineral dan serat yang tinggi dan ini bisa membantu melancarkan pencernaan namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya yang bisa menyebabkan sakit perut dan juga diare.

Namun selain itu jika kamu mengkonsumsi kangkung dan tidak dicuci dengan bersih juga yang dapat menyebabkan bakteri tertinggal dan dapat mengiritasi dinding lambung dan juga jaringan pada perut yang lainnya sehingga menyebabkan sakit perut.

Mudah Mengantuk

Bahaya efek samping Kangkung secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan seseorang yang menjadi lebih mudah terserang kantuk dan efek samping dari kangkung yang satu ini memang sudah banyak orang yang mengetahuinya, dimana hal ini dikarenakan kandungan zat kalium yang cukup tinggi di dalam kangkung sehingga bisa mempengaruhi saraf pada bagian kepala.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya efek samping Kangkung yang perlu kamu ketahui dan waspadai untuk menghindari kamu bisa mencuci langsung dengan bersih dan memakannya sesuai dengan porsi yang tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kangkung