Bahaya Efek Samping Makan Buah Tin Jika Berlebihan

Nesiaverse.com – Buah Tin yang  sering digunakan sebagai salah satu pengobatan alami tradisional yang telah hadir sejak zaman dulu, namun ternyata jika mengkonsumsi buah Tin secara berlebihan yang bisa memberikan bahaya efek sampingnya yang perlu kamu waspadai.

Buah Tin yang merupakan salah satu buah yang berasal dari Timur Tengah yang telah tersebar luas hingga daratan Eropa dan juga Amerika hingga ke daratan Asia termasuk di Indonesia, tanaman ini yang termasuk ke dalam keluarga moraceae dengan memiliki buahnya yang berwarna hijau jika masih muda dan berubah menjadi ungu kehitaman jika sudah matang.

Tanaman buah Tin ini yang memiliki bagian dalamnya yang mengandung sedikit air, berwarna merah untuk bagian dalamnya dan terdapat biji banyak rasanya manis, dengan daun yang berwarna hijau dilengkapi dengan gerigi di tepinya dan untuk batangnya yang memiliki getah lumayan banyak.

Advertisment

Buah Tin yang mengandung vitamin, antioksidan dan juga phenol yang sangat lengkap didalamnya yang baik untuk kebutuhan manusia, untuk kandungan vitamin C dan vitamin K yang berfungsi untuk membantu menghentikan pendarahan.

Kandungan antioksidan berfungsi membantu dalam mencegah munculnya berbagai macam penyakit, senyawa antioksidan memiliki peran penting untuk menetralisir unsur yang bisa merusak tubuh.

Advertisment

Sedangkan untuk kandungan phenol yang cukup tinggi memiliki peran sebagai antiseptik yang akan membunuh mikroba yang dapat merugikan tubuh, buah Tin juga yang dapat kamu konsumsi untuk membantu untuk mempercepat penyembuhan untuk yang sedang sakit atau baru pulih.

Namun setiap mengkonsumsi makanan pastinya terdapat porsi yang tepatnya termasuk juga dengan buah Tin, walaupun buah ini yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan namun jangan sampai berlebihan karena terdapat bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan.

Bahaya Efek Samping Makan Buah Tin Jika Berlebihan

Buah Tin ini yang memang banyak orang yang menyukainya karena memiliki rasa yang manis dan juga banyak orang yang menjadi camilan yang sangat menyehatkan, namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan yang terdapat bahaya efek samping makan buah Tin.

Adapun untuk beberapa bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan yang dapat kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut.

Alergi

Bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan yaitu bisa menyebabkan alergi pada tubuh, dimana alergi ini yang biasanya akan terjadi untuk mereka yang memiliki alergi terhadap serbuk sari maka disarankan untuk mereka yang memiliki riwayat alergi untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi buah Tin ini.

Menyebabkan Diare

Buah Tin memiliki kandungan serat yang alami baik untuk tubuh dimana bermanfaat untuk membantu dalam memperlancar permasalahan dalam pencernaan, namun jika berlebihan yang bahaya efek samping yaitu dapat menyebabkan diare atau masalah pencernaan lain.

Dimana hal ini yang dikarenakan kinerja pada buah Tin ini yang akan mempersingkat waktu transit feses dalam usus besar dan juga untuk melunakkan agar dapat dikeluarkan oleh tubuh menjadi mudah.

Mengganggu dalam Kinerja Obat Pengencer Darah

Buah Tin yang mengandung vitamin K berfungsi sebagai pembekuan darah sehingga dengan begitu tidak terjadi pendarahan, bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan untuk mereka yang menggunakan obat pengencer darah yaitu dapat mengganggu kinerja obat pengencer darah tersebut.

Dimana dengan mengkonsumsi obat pengencer darah terus memakan buah Tin yang akan beresiko akan mengalami komplikasi kesehatan yang lumayan serius, dimana darah akan menjadi tetap mengental di dalam pembuluh darah sehingga ini bisa menyebabkan stroke, serangan jantung dan juga penyumbatan aliran darah.

Bahaya Usus dan Hati

Ternyata dengan mengkonsumsi buah Tin yang secara berlebihan yang berbahaya untuk hati, dimana buah Tin juga yang dapat menyebabkan penyumbatan di dalam usus yang dikarenakan dari biji buah Tin tersebut, biji ini yang memang cukup sulit dicerna oleh tubuh sehingga menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Sakit Perut

Bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan yaitu dapat menjadi sangat berat di perut dan ini dapat menyebabkan perut menjadi sakit, namun kamu bisa mengatasinya dengan segera minum air dingin untuk membantu dalam masalah perut.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya efek samping makan buah Tin jika berlebihan yang perlu kamu ketahui dan perlu diwaspadai jika pada saat mengkonsumsi buah Tin dan mengalami efek samping diatas maka segera untuk hentikan mengkonsumsi buah ini, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bahaya buah tinbuah tin