Bahaya dan Efek Eamping Makan Rambutan Terlalu Banyak

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing dengar nama buah Rambutan dimana buah ini yang memiliki cangkang yang berambut, ternyata mengkonsumsi buah Rambutan terlalu banyak yang bisa berbahaya dan memicu efek sampingnya untuk tubuh.

Rambutan atau memiliki nama latin Nephelium lappaceum L yang merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari Indonesia, buah Rambutan juga yang merupakan tanaman tropis tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau sapindaceae yang berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara.

Dimana buah Rambutan ini yang memiliki ciri khas dengan kulit buahnya yang berambut tekstur lembut dan halus dan rasanya ada yang manis dan ada yang asam, sehingga dengan begitu buah Rambutan ini yang disukai oleh masyarakat sebagai makanan buah yang segar atau makanan olahan dalam kaleng.

Advertisment

Bahkan buah Rambutan juga termasuk tumbuhan yang multi fungsi semua bagian yang terdapat pada buah rambutan ini yang memiliki manfaat tersendiri salah satunya pada buahnya, manfaat dari buah Rambutan ini yang berasal dari beberapa kandungan serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, glukosa, kalsium, potasium dan masih banyak lagi yang lainnya.

Walaupun buah Rambutan ini yang mengandung zat dan senyawa yang bermanfaat untuk tubuh, tetapi ternyata buah Rambutan juga yang bisa memicu bahaya dan efek sampingnya jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Advertisment

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja bahaya dan efek samping dari makan Rambutan terlalu banyak untuk tubuh yang perlu diketahui dan diwaspadai, untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Bahaya dan Efek Samping Makan Rambutan Terlalu Banyak

Pada saat musim Rambutan tentu saja kamu akan melihat banyaknya pedagang buah Rambutan pada beberapa tempat, dengan banyaknya buah Rambutan tersebut mungkin banyak orang yang mengkonsumsinya bahkan dalam jumlah yang banyak.

Pada dasarnya memang buah Rambutan itu menyegarkan apalagi jika dikonsumsi di siang hari yang bisa menambah energi sehingga buah ini yang cukup diminati oleh banyak orang, tetapi ternyata jika mengkonsumsi buah Rambutan dengan jumlah yang banyak atau berlebihan yang bisa memicu bahaya dan efek samping untuk tubuh.

Berikut beberapa bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak yang perlu diwaspadai yaitu sebagai berikut:

Mengganggu Sistem Pencernaan

Untuk bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak yang perlu kamu ketahui yaitu dapat mengganggu sistem pencernaan terutama pada bagian usus, efek samping ini yang terjadi karena dalam buah Rambutan yang mengandung zat geraniol yang cenderung akan sulit dicerna oleh usus.

Sehingga dengan begitu dengan mengkonsumsi buah Rambutan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan yang akan mengakibatkan diare, mengenai hal ini yang telah dibuktikan dengan stud yang melakukan penelitian pada tahun 2021 yang lalu dimana buah Tikus yang mengalami diare setelah diberikan ekstrak geraniol.

Meningkatkan Kolesterol

Untuk bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak lainnya yaitu bisa meningkatkan kolesterol, untuk rambutan yang dalam kondisi terlalu matang berpotensi sangat besar meningkatkan kolesterol hal ini dikarenakan kandungan gula dalam buah Rambutan yang akan berubah menjadi alkohol.

Sudah kita ketahui bahwa pada saat kadar kolesterol di dalam tubuh yang jumlahnya tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan organ jantung, sehingga dengan begitu untuk penderita penyakit jantung yang sebaiknya mencermati tingkat kematangannya sebelum mengkonsumsi buah Rambutan tersebut.

Menyebabkan Keracunan

Untuk bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak yang terakhir yaitu bisa menyebabkan keracunan dan biasanya keracunan buah Rambutan ini yang terjadi jika kamu memakan buah Rambutan dengan kategori yang terlalu matang, dengan buah Rambutan yang mempunyai warna merah tua kecoklatan dan terlihat kusut pada kulitnya.

Pada tahun 2012 yang sudah melakukan penelitian pada buah Rambutan yang terlalu matang yaitu memiliki kandungan zat alkaloid dengan kadar yang lebih tinggi, pada saat zat alkaloid ini masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang banyak maka berpotensi menimbulkan keracunan.

Dengan beragam bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak yang terdapat diatas perlu kamu waspadai, agar terhindar dari efek sampingnya yang dapat membahayakan tubuh maka sebaiknya untuk mengkonsumsi buah Rambutan ini dalam jumlah yang wajar dan secukupnya bisa setiap hari mengkonsumsi 6 buah Rambutan atau setara 100 gram.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa bahaya dan efek samping makan Rambutan terlalu banyak yang tidak boleh diabaikan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bahaya buah rambutanbuah rambutan