8 Bahaya Makan Bengkoang Secara Berlebihan

Nesiaverse.com – Siapa sangka jika mengonsumsi atau makan bengkoang secara berlebihan ini bahaya. Bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, salah satunya mengkonsumsi bengkoang secara berlebihan. 

Bengkoang adalah salah satu jenis tanaman herbal yang kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat yang baik di dalamnya. Bengkoang ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, serta, mineral dan vitamin yang baik. 

Bengkoang sangat kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Selain itu bengkoang juga memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serta, mineral, kalsium, fosfor magnesium dan lainnya. 

Advertisment

Untuk mengetahui bahaya makan bengkoang secara berlebihan bisa kamu ketahui dengan mengikuti ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Bahaya Makan Bengkoang Secara Berlebihan 

Advertisment

Di Indonesia sendiri, bengkoang memang kerap kali diambil umbinya dan juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Bengkoang umumnya disantap seperti menjadi asinan, rujak ataupun dimakan dalam kondisi mentah dan segar. 

Selain itu, tahukah kamu jika bengkoang sendiri dapat diolah menjadi tepung, bahan baku obat hingga olahan pangan lainnya. Karena varias olahan dan fungsi tentunya patut untuk dikonsumsi juga. 

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari bengkoang maka kamu juga tentunya mengetahui cara pengolahannya. Nah, dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) berikut manfaat dari bengkoang untuk kesehatan tubuh. 

Meningkatkan Produksi Kolagen

Bengkoang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Sehingga vitamin C inilah yang berperan penting dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi kolagen. 

Kolagen sendiri merupakan basis protein yang penting dari dinding pembuluh darah, organ kulit dan tulang. Kandungan vitamin C di dalam bengkoang yang tinggi dapat membantu proses penyembuhan luka dengan cepat. 

Sehingga nantinya dapat mempertahankan diri dari infeksi tersebut, tidak hanya itu saja vitamin C juga dapat bekerja menghilangkan tanda penuaan karena berperan dalam sintesis kolagen di dalam tubuh. 

Vitamin satu ini dapat membantu untuk memperbaiki sekaligus mencegah kondisi kulit kering, karena dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Bengkoang memiliki kandungan serat makanan yang cukup tinggi di dalamnya. Sehingga bengkoang ini dapat mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan. Dimana serat makanan yang sangat baik ini akan membantu proses pencernaan tubuh. 

Karena adanya kandungan serat pada kandungan bengkoang, dimana serat akan berdampak baik guna mengatasi sembelit, diare hingga perut kembung yang mana mengganggu sistem pencernaan lainnya. 

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Masih dengan kandungan vitamin C di dalam bengkoang yang memainkan peran penting dalam proses menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dengan baik. 

Nah, dalam proses menjaga atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini akan membuat kamu tidak mudah terserang virus, bakteri ataupun jamur yang dapat menyebabkan kamu terjangkit suatu penyakit tertentu. 

Selain itu kandungan vitamin C bekerja sebagai antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas hasil polusi. Dimana radikal bebas di tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari jantung, kerusakan otak dan kanker. 

Baik untuk Diet Diabetes

Dikutip dari Jurnal Jicama (pachyrhizus erosus) Fiber Prevents Excessive Blood and Body Weight Increase WIthout Affecting Food Intake in Mice Fed with High Sugar Diet oleh Putra Santoso, dkk., selain kandungan seratnya yang tinggi bengkoang memiliki kandungan kadar glukosa rendah yang baik untuk diet penderita diabetes. 

Sehingga dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai kondisi kadar gula darah dalam tubuh yang naik ketika mengkonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak.

Menjaga Kesehatan Otak

Bengkoang memiliki kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang memiliki khasiat guna mnegembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Selain itu baik untuk fungsi otak. 

Selian baik untuk fungsi otak, kandungan vitamin B6 di dalam bengkoang juga penting untuk mengubah asam protein menjadi asam amino yang digunakan tubuh dalam membantu untuk memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh dengan baik.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya manfaat dari bengkoang ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata dengan baik, dimana bengkoang ini dapat mencegah terjadinya kerabunan. Tidak hanya itu saja, namun bengkoang juga akan menjaga kamu dari penyakit mata lainnya. 

Salah satu jenis penyakit yang dapat dihindari resikonya ketika mengkonsumsi bengkoang adalah degenerasi makula, yang mempengaruhi penglihatan orang yang lanjut usia.

Selain itu, kandungan vitamin A yang terkandung di dalam bengkoang ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit tersebut. Dengan mengonsumsi vitamin A dengan jumlah yang tepat, tentunya merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan mata dengan baik. 

Mencegah Kanker

Terakhir, mengkonsumsi bengkoang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Dimana sel ini berkaitan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. 

Selain itu kandungan antioksidan di dalam bengkoang juga dapat mencegah terjadinya kanker dengan mengurangi oksidatif dan mengurangi peradangan. Selain itu, dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Dimana bengkoang bekerja untuk menghasilkan molekul yang dapat membuat sel darah putih bekerja lebih efektif guan menkana pertumbuhan dari sel kanker tersebut. 

Efek Samping atau Bahaya Makan Bengkoang Secara Berlebihan

Dari banyaknya manfaat tersebut, kamu harus memahami jika mengkonsumsi bengkoang sendiri ada aturannya, dimana tidak boleh berlebihan. Secara umum beberapa orang mungkin dapat merasakan efek samping karena mengkonsumsi bengkoang secara berlebihan. 

Adapun efek samping yang didapatkan seseorang ketika mengkonsumsi bengkoang berlebihan adalah sebagai berikut:

  • Seseorang akan mengalami gejala seperti sakit perut disertai rasa mual berlebihan
  • Seseorang akan mengalami muntah-muntah hingga badannya lemas
  • Peningkatan asam lambung
  • Alergi 
  • Mengalami sesak nafas yang berat
  • Bersin bersin
  • Munculnya ruam pada kulit 
  • Gatal-gatal

Umumnya efek samping ini sendiri terjadi pada orang-orang yang memiliki sensitivitas yang tinggi dan mengkonsumsi bengkoang secara berlebihan. Sebaik apapun kandungan dari bengkoang kamu harus memahami aturan konsumsinya. 

Dimana, kamu harus menghindari konsumsi bengkoang secara berlebihan setiap harinya. Pastikan porsi konsumsi bengkoang ini sesuai dengan angka kebutuhan gizi dan nutrisi harian. 

Karena jika tidak kamu dapat merasakan gejala efek samping dari makan atau konsumsi bengkoang secara berlebihan. Selain itu kamu dianjurkan untuk memastikan pengolahan dari bengkoang ini dilakukan dengan baik dan benar. 

Maksudnya adalah pengolahan dengan cara yang benar, tidak menimbulkan kandungan dan nutrisi bengkoang berubah atau hilang. Karena selain kamu sudah mengkonsumsinya secara berlebihan, alih-alih nutrisi yang kamu dapat malah ancaman bahaya dari kandungan tersebut. 

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat dan bahaya makan bengkoang secara berlebihan . Meskipun bengkoang kaya akan kandungan manfaat kamu tetap harus mengatur porsi konsumsi bengkoang dengan tepat. 

Dengan memperhatikan porsi, pengolahan makan bengkoang, maka kamu bisa mendapatkan nutrisi dan gizinya dengan baik. Sekaligus terhindar dari risiko efek samping karena makan bengkoang berlebihan.

bengkuang