Bahaya Bawang Merah Untuk Bayi

Nesiaverse.com – Penggunaan bawang merah kerap kali ramai diperbincangkan oleh para moms yang dipercaya dapat mengatasi masalah demam dan flu pada si bayi. Namun, ternyata perlu kamu waspadai juga bahaya bawang merah untuk bayi, meskipun banyak manfaatnya.

Karena mau bagaimanapun seorang bayi yang masih sangat rentan, tidak boleh sembarangan di beri bawang merah begitu saja. Penting juga buat kamu ketahui cara penggunaan yang baik dan benar dalam memanfaatkan bawang merah untuk bayi itu seperti apa dan berapa dosisnya.

Takutnya, alih-alih dapat mengobati si bayi tapi malah berdampak buruk pada si bayi. Kita sendiri masih belum mengetahui bahaya apa saja yang akan terjadi pada si bayi saat memberi atau menggunakan bawang merah. Jangan cuma tau manfaatnya saja, dampaknya pun perlu.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa saja bahaya bawang merah untuk bayi? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai bahaya bawang merah untuk bayi secara menyeluruh, agar dapat kamu pahami. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Bahaya Bawang Merah Untuk Bayi

Advertisment

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan masakan, untuk menambahkan cita rasa supaya lebih lezat. Tapi siapa sangka kalau ternyata bawang merah memiliki segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, seperti berikut di bawah ini:

  • Melawan penyakit jantung
  • Mencegah kanker
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Mencegah radang pada lambung
  • Mengobati radang tenggorokan
  • Mempertahankan kepadatan tulang

Manfaat seperti itu bisa kamu dapatkan karena dari kandungan bawang merah yang sangat melimpah dan bermanfaat. Seperti vitamin, mineral, allicin, flavonoid, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, niasin, asam lemak esensial, anthocyanin, dan sulfur. Dari sinilah kamu mendapatkan segala khasiat dan manfaatnya, bahkan dapat mengatasi masalah kesehatan pada bayi seperti:

  • Membantu menurunkan demam si bayi
  • Meredakan pilek dan hidung tersumbat
  • Sebagai antibakteri dan antivirus
  • Mengobati perut kembung pada bayi

Namun, hal ini banyak diperbincangkan oleh para ahli medis mengenai penggunaan bawang merah untuk bayi. Karena masih jadi pertimbangan, sebab bayi sendiri masih sangatlah rentan. Baik dari segi fisiknya mudah mengalami masalah, dan pencernaannya kurang mumpuni.

Menurut dr. Reza Fahlevi, spesialis anak mengatakan bahwa, meskipun bawang merah memiliki berbagai khasiat, tetapi belum ada penelitian yang spesifik mengatakan berapa dosis penggunaan bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi atau pengobatan seperti pilek.

Adapun pada beberapa kondisi tertentu, penggunaan bawang merah secara langsung ke tubuh atau kulit si bayi malah akan membahayakan dan terjadi iritasi, kemerahan, mengelupas, dan terasa perih, karena kulitnya sangat tipis.

Menurut Konsultan tumbuh kembang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A (K), MPH, saat Seminar Pure di Jakarta mengatakan bahwa “Penerapan pola lama seperti mengolesi bawang merah atau balsem pada balita yang mengalami perut kembung seringkali menyebabkan iritasi pada kulit balita. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan mempengaruhi proses tumbuh dan kembangnya.”

Selain itu bawang merah juga terdapat kandungan senyawa yang dapat memicu reaksi alergi pada bayi yang masih sangat rentan. Apalagi mengoleskan langsung di bagian dahi si bayi bertujuan untuk menurunkan demam, takutnya cairan bawang dapat mengenai matanya.

Begitupun dengan cara pemberian langsung dikonsumsi oleh si bayi dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan berpotensi gangguan pada sistem imun tubuh, jika diberikan secara berlebihan dalam jumlah yang banyak serta belum pada waktunya. Karena di usia tertentu, bayi hanya memerlukan asupan ASI.

Itulah beberapa bahaya bawang merah untuk bayi, mungkin perlu untuk kamu ketahui supaya lebih memperhatikan lagi dampak atau bahayanya penggunaan bawang merah pada bayi. Takutnya kamu juga salah dalam cara penggunaannya dan takaran bawang merah untuk bayi.

Perlu diingat juga, kalau bahwasannya tidak semua bayi akan cocok dengan bawang merah. Apalagi bayi masih sangat sensitif terhadap sesuatu yang menempel pada kulitnya, coba bayangkan kalau sampai di makan langsung oleh si bayi. Good Luck semoga membantu.

bawang merahbayi