6 Bagian Ayam yang Tidak Boleh Dimakan

Nesiaverse.c0m – Kali ini kita akan membahas mengenai dengan beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, hal ini tentunya sangat penting perlu diketahui oleh karena itu yuk simak ulasan dibawah ini.

Hampir semua orang yang suka daging ayam karena daging unggas yang satu ini sangat umum disantap dalam berbagai sajian makanan yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat, biasanya umumnya ayam yang dijadikan sebagai berbagai sajian seperti sate, sup, pepes, dipanggang, dan yang lainnya.

Sebenarnya bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi beberapa bagian ayam tersebut karena memang pada dasarnya bagian-bagian ayam tersebut yang juga mempunyai banyak khasiat atau manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Advertisment

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal dalam mengkonsumsi daging ayam ini, maka pastikan untuk selalu memilih daging ayam yang sehat dan berkualitas, tidak hanya itu saja perhatikan kesegaran ayam potong yang akan dibeli karena daging ayam yang busuk tidak sehat untuk tubuh.

Jika kamu mengetahui dengan beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan maka sebaiknya untuk mulai mencoba membatasi jumlah konsumsi untuk beberapa bagian-bagian tersebut, dibawah ini beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan dan untuk itu simak penjelasannya disini.

Advertisment

Bagian Ayam yang Tidak Boleh Dimakan

Pada dasarnya setiap bagian daging ayam yang memiliki khasiat atau manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh, tetapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui yang terdapat beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan.

Hal ini tentunya tanpa adanya alasan karena beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan yang dikarenakan bisa membahayakan terhadap kesehatan tubuh, oleh karena itu sebaiknya kamu lebih berhati-hati jangan sampai memakan beberapa bagian ayam ini dalam jumlah yang banyak agar terhindar dari efek bahayanya atau dampak negatifnya.

Dimana  memang terdapat beberapa bagian-bagian ayam yang memiliki paling banyak peminatnya yaitu diantaranya dada ayam, sayap ayam, paha ayam, ceker ayam, kulit ayam dan yang lainnya, lalu apakah kamu sudah tahu bagian ayam mana saja yang tidak boleh dimakan secara berlebihan?

Jika kamu memang belum mengetahuinya maka berikut terdapat beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan yaitu sebagai berikut:

Bagian Ceker Ayam

Bagian ceker ayam yang menjadi bagian paling favorit sebagai kaldu gurih pada masakan sup atau makanan lainnya seperti soto ayam yang kerap menggunakan ceker ayam sebagai pelengkap agar cita rasanya yang lezat dan juga gurih.

Bahkan tidak hanya itu saja ceker ayam yang sering menjadi bahan utama dalam olahan masakan seblak ceker dan masih banyak lagi yang lainnya, oleh karena itu bagian ceker ayam yang memiliki banyak penggemarnya ditambah lagi ceker ayam yang memiliki kandungan gizi sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun pastikan sebelum mengkonsumsi ceker kamu harus memperhatikan bahwa bagian ceker ayam ini yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena pada bagian ceker ayam yang mengandung lemak jenuh di dalamnya yang tinggi dan bahkan bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Dengan memiliki kadar lemak jenuh dalam ceker ayam yang tinggi bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat, secara lama kelamaan bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berakibat berisiko terkena penyakit jantung.

Sehingga dengan begitu untuk kamu yang pecinta bagian ceker ayam maka harus tetap berhati-hati, agar tetap mengontrol pola makannya jangan sampai memakannya secara berlebihan.

Bagian Kulit Ayam

Selain ceker ayam bagian kulit ayam juga menjadi salah satu bagian yang disukai oleh banyak orang karena memiliki cita rasa yang gurih dan juga teksturnya renyah, namun bagian kulit ayam ini termasuk ke dalam bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Di Dalam porsi 100 gram kulit ayam panggang yang mengandung sekitar 130 ml kolesterol dan total lemak sekitar 45 gram, jika mengkonsumsi bagian kulit ayam goreng yang tentunya kandungan lemak dan kolesterol akan lebih tinggi daripada kulit ayam panggang.

Sehingga oleh karena itu jika terlalu banyak mengkonsumsi kulit ayam bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, untuk beberapa penyakit beresiko dialami akibat mengkonsumsi kulit ayam secara berlebihan diantaranya penyakit jantung, obesitas, penyakit campylobacteriosis dan juga stroke.

Bagian Kepala Ayam

Biasanya bagian kepala ayam yang sering kali banyak orang memanfaatkan sebagai kaldu pada masakan sup, hal ini dikarenakan bagian kepala ayam yang bisa memberikan cita rasa yang sangat gurih dan membuat masakan sup menjadi lebih enak.

Namun jika perlu kamu ketahui ternyata pada bagian kepala ayam ini yang cukup berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, karena biasanya peternak yang akan memberikan pakan pabrik yang didalamnya terkandung bahan kimia agar kondisi kesehatan ayam menjadi tetap terjaga.

Untuk beberapa bahan kimia berasal dari pakan tersebut yang ternyata ada yang sulit larut dalam sistem pencernaan ayam, sehingga membuat beberapa bahan kimia tersebut yang mengendap pada bagian kepala ayam yang terkhususnya di bagian otak ayamnya.

Bahkan selain itu juga bagian kepala ayam ini yang merupakan tempat bersarangnya bakteri dan virus, sehingga pada saat memasak kepala ayam bahan kimia terdapat di bagian otak ayam dan bakterinya yang akan cukup sulit hilang oleh karena itu sebaiknya jangan mengkonsumsi bagian kepala ayam secara berlebihan.

Bagian Jeroan Ayam

Bagian jeroan ayam termasuk ke dalam bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan dan untuk bagian jeroan ayam atau organ di dalam ayam yaitu ada babat, lidah, usus, paru, hati, limpa, jantung dan juga otak.

Sebenarnya mengkonsumsi bagian jeroan ayam dalam jumlah yang wajar atau pas yang bisa memberikan banyak manfaat atau khasiatnya untuk kesehatan karena jeroan ayam yang mengandung berbagai nutrisi didalamnya, diantaranya terdapat vitamin A, vitamin B, vitamiN D, vitamin E, vitamin K, selenium, zat besi, zinc dan juga magnesium.

Dengan beragam kandungan vitamin dan mineral tersebut yang tentu saja sangat baik untuk membantu dalam mendukung proses metabolisme di dalam tubuh, walaupun demikian bagian jeroan ayam tersebut tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Karena pada bagian jeroan ayam yang mengandung senyawa purin didalamnya sangat tinggi, lemak jenuh yang tinggi dan juga kolesterol tinggi, dengan beragam kandungan tersebut bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh.

Sehingga mengkonsumsi bagian jeroan ayam secara berlebihan bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol memicu resiko penyakit jantung dan dengan kelebihan senyawa purin bisa menyebabkan penyakit asam urat.

Bagian Leher Ayam

Selanjutnya untuk bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan yaitu bagian leher ayam, dimana leher ayam yang menjadi salah satu tempat untuk berkumpulnya bakteri dan virus pada ayam dan hal tersebut akibat dari terdapat 2 saluran penghubung yaitu saluran pernapasan dan pencernaan pada leher ayam.

Biasanya ayam makan dengan cara mematuk langsung dari tanah atau tempat makan yang memungkinkan membawa bakteri ke dalam tubuh ayam dengan melalui saluran pencernaan, lalu bakteri dan virus tersebut yang berkumpul pada bagian leher ayam.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi bagian leher ayam dalam jumlah yang banyak atau berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, hal ini dikhawatirkan virus dan bakteri yang tidak mati saat proses memasak dan akan masuk dalam tubuh.

Bagian Brutu atau Pantat Ayam

Mengutip dari sebuah penelitian dari Nutrition and Dietary Studies of America, menyatakan bahwa bagian brutu atau pantat ayam ternyata  mengandung banyak nutrisi didalamnya terutama kaya akan protein, untuk beberapa kandungan nutrisi lainnya yaitu sekitar 11% zat besi dan juga 8% kalsium.

Dengan kandungan zat besi dan kalsium terdapat dalam bagian brutu atau pantat ayam ini yang ternyata lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada bagian dada ayam, sayangnya bagian brutu ayam termasuk ke dalam bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan.

Hal ini karena brutu ayam yang mengandung kelenjar penghasil minyak yang berakibat kandungan lemak pada brutu atau pantat ayam menjadi lebih tinggi dan hal ini cukup buruk untuk kesehatan tubuh, namun sayangnya penelitian terhadap kandungan lemak pada brutu ayam masih kurang.

Alasannya dikarenakan bagian brutu ayam yang bukan jenis makanan umum dikonsumsi di banyak negara, namun paling jelas bagian brutu ayam yang merupakan bagian ayam paling berlemak, sehingga untuk kamu pecinta bagian brutu ayam untuk selalu memperhatikan agar tidak mengkonsumsi secara berlebihan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Mungkin hanya itu saja beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan atau dalam jumlah yang banyak bisa kamu ketahui dan perhatikan agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dan sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

ayam