6 Bagian Ayam yang Baik Dikonsumsi

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang memakan daging ayam sebagai makan sehari-hari, hampir semua orang yang suka daging ayam karena daging unggas yang satu ini sangat umum disantap dalam berbagai sajian makan, lalu bagian mana ayam yang baik dikonsumsi? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Ayam merupakan daging unggas banyak orang menyukainya dan daging unggas yang satu ini sangat umum dijadikan sebagai berbagai sajian yang enak mulai dari sate, sup, pepes atau bahkan panggang, dan yang lainnya, bahkan daging ayam  yang menjadi makanan favorit banyak orang.

Daging ayam yang merupakan makanan memiliki kandungan gizi yang tinggi, secara umum ayam yang mengandung beraneka nutrisi yaitu diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, protein, karbohidrat, lemak, lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tinggal, kolesterol, mineral, selenium, zinc, natrium, zat besi, tembaga dan juga fosfor.

Advertisment

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daging ayam yang sangat mengesankan, tetapi kadar masing-masing nutrisi tersebut yang bisa berbeda-beda tergantung pada bagian daging yang dikonsumsinya, nutrisi ayam juga bahkan dapat berubah karena cara pengolahan yang digunakannya.

Oleh karena itu untuk kamu yang ingin mendapatkan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dalam memenuhi nutrisi hariannya maka kamu bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini mengenai dengan bagian ayam yang baik dan paling sehat dikonsumsi yuk simak ulasan di bawah ini.

Advertisment

Bagian Ayam yang Baik Dikonsumsi

Untuk kamu yang menyukai berbagai olahan dengan menggunakan bahan dasar dari daging ayam yang harus mulai berhati-hati, dan pastikan juga selalu memilih bagian ayam yang sehat dan baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Didalam satu ekor ayam yang terdapat beberapa bagian dengan memiliki kadar kandungan gizi daging ayam yang berbeda-beda, seperti sayap dan paha yang mempunyai kandungan protein dan juga kalori berbeda, oleh karena itu sebaiknya kamu mengenali pada setiap daging ayam dan juga kandungan yang terdapat didalamnya.

Terdapat cara di bawah ini yang bisa membuat kamu untuk memilih dengan benar daging ayam yang baik dan sehat sebelum memakannya, kamu bisa dengan menyesuaikan dengan  kebutuhan kalori dan protein untuk tubuh.

Dibawah ini terdapat bagian ayam yang baik dan sehat dikonsumsi dan juga tidak baik dimakan terlalu sering yaitu sebagai berikut:

Bagian Dada Ayam

Dada ayam merupakan bagian daging ayam yang paling sehat dari semua potongan ayam, pada bagian dada yang akan menjadi semakin sehat jika dimakan tanpa kulitnya dengan memakan daging ayam bagian dada tanpa kulit yang mengandung protein sebanyak 31 gram setiap porsi 100 gramnya.

Daging ayam dari bagian dada ayam tersebut yang sangat populer untuk para atlet sedang dalam proses latihan fisik, karena hal ini pada bagian dada ayam tanpa kulit yang terdapat kandungan protein di dalamnya yang sangat tinggi sedangkan kalorinya yang tidak terlalu besar, oleh karena itu kamu bisa memakan bagian dada ayam setiap harinya dengan dicampur sayuran tertentu.

Bagian Paha Atas

Pada bagian paha atas yang termasuk ke dalam bagian ayam yang baik dan sehat dikonsumsi, karena pada bagian paha atas yang mempunyai cukup banyak daging dan bagian tersebut yang juga digemari oleh banyak orang.

Bahkan selain itu juga pada bagian paha atas tersebut dalam porsi setiap 100 gram tanpa kulit dan tulang yang memiliki 209 kalori dan juga 26 gram protein, untuk kamu yang memakan daging ayam pada bagian paha atas tanpa kulit maka tubuh kamu yang akan mendapatkan asupan protein yang baik.

Bagian Paha Bawah

Selanjutnya bagian ayam yang baik dikonsumsi yaitu pada bagian paha bawah yang terkenal dengan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya, didalam porsi setiap 100 gramnya daging paha bawah tanpa kulit yang memiliki kandungan protein sekitar 28,3 gram dengan kalorinya 172 gram.

Jumlah kandungan nutrisi tersebut yang tentunya akan sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin, tetapi jumlah tersebut yang tidak termasuk dengan kulit paha bawah, apalagi paha ayam yang memang terkenal dengan memiliki banyak lemak tetapi perhitungan tersebut yang menyertakan kulit di dalamnya dan jika kamu mengkonsumsi paha ayam tanpa kulit yang akan sangat lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Bagian Ayam yang Tidak Boleh Dimakan Terlalu Sering

Jika kamu sudah mengetahui dengan beberapa bagian ayam yang baik dan sehat dikonsumsi, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui dengan beberapa bagian ayam yang tidak baik atau tidak sehat jika dimakan terlalu sering.

Pada bagian daging ayam tersebut yang memang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi jika terlalu sering dimakan justru bisa memberikan dampak buruk, adapun untuk beberapa bagian ayam yang tidak boleh dimakan terlalu sering yaitu sebagai berikut:

Bagian Hati Ampela Ayam

Dimana di Indonesia ati ampela ayam yang banyak digemari oleh kebanyakan orang karena memang hati ampela yang sangat enak dan gurih, tetapi sebaiknya kamu tidak memakan hati ampela ayam dalam kurun waktu yang terlalu sering.

Dimana organ hati yang merupakan tempat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh ayam, oleh karena itu bisa saja masih terdapat sisa racun yang tertinggal di organ hati ampela ayam tersebut, dengan mengkonsumsi bagian tersebut yang dapat meningkatkan risiko jantung, kolesterol dan juga kanker.

Bagian Kepala Ayam

Untuk sebagian orang yang menyukai bagian kepala ayam dan bahkan tidak akan meninggalkan bagian yang satu ini untuk di santap, namun ternyata bagian kepala ayam tersebut yang memiliki banyak bahan kimia didalamnya.

Dimana ayam diternakan kerap mendapat beragam jenis vaksin atau obat yang tersimpan di bagian kepala ayam yang terutama di bagian otaknya, bahan tersebut yang tertinggal di dalamnya akan bisa memberikan dampak negatif atau berbahaya untuk kesehatan sehingga sebaiknya untuk tidak terlalu sering memakan bagian kepala ayam.

Bagian Kulit Ayam

Bagian kulit ayam merupakan salah satu bagian yang disukai atau digemari oleh banyak orang, kulit ayam yang diolah dengan cara digoreng sampai garing, namun ternyata  bagian kulit ayam yang mengandung antibiotik, toksin dan juga hormon di dalamnya yang mudah larut dalam lemak kulit.

Oleh karena itu yang terdapat di bagian kulit ayam tersebut yang akan tersimpan di kulit dan juga bisa meningkatkan kemungkinan kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga agar tubuh tetap sehat dan ideal maka sebaiknya menghindari mengkonsumsi bagian kulit ayam.

Bagian Leher Ayam

Terakhir untuk bagian ayam yang tidak boleh terlalu sering dimakan yaitu pada bagian leher ayam yang sebaiknya dihindari, karena pada bagian leher ayam yang terdapat banyak pembuluh darah dan juga kelenjar getah bening yang mempunyai banyak bakteri di dalamnya , jika sampai memakan bagian leher ayam maka kuman dan bakteri dapat berpindah ke tubuh.

Mungkin hanya itu saja beberapa bagian ayam yang baik dan sehat dikonsumsi serta bagian yang harus dihindari jangan terlalu sering dimakan yang bisa memberikan dampak negatifnya yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

ayam