Aturan Minum Rebusan Daun Kelor

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan tanaman daun kelor yang satu ini, dimana tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan namun apakah kamu tahu aturan minum rebusan daun kelor? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Daun kelor yang memiliki nama istilah moringa oleifera ini yang dikenal sebagai salah satu tanaman yang mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan yang sangat melimpah, walaupun daun kelor ini yang memang baik untuk kesehatan tubuh namun tentu saja tidak boleh sembarangan mengkonsumsinya karena memang terdapat aturan minum rebusan daun kelor.

Dimana daun kelor yang biasanya dijuluki dengan superfood yang berasal dari Himalaya dan kemudian tanaman ini yang menyebar ke benua Asia dan Afrika, dan di Indonesia tanaman daun kelor ini yang mudah ditemukan dan bahkan bisa tumbuh dengan mudah dan cepat walaupun di tanah yang kurang subur.

Advertisment

Tanaman daun kelor yang memiliki tinggi pohon sekitar 7 hingga 14 meter dengan memiliki bentuk daun kelor yang bulat seperti telur dengan susunan daunnya yang majemuk, terdapat bunga dan juga bijinya semua bagian dari pohon kelor ini yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi daun kelor ini diantaranya membantu untuk mengontrol tekanan darah, menyehatkan kulit dan rambut, menurunkan berat badan. menjaga kadar gula tetap normal dan stabil, menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah dan juga kadar gula untuk penderita diabetes.

Advertisment

Semua manfaat tersebut yang berasal dari kandungan nutrisi, mineral dan juga vitamin didalamnya, dimana daun kelor yang mengandung antioksidan yang tinggi terutama polifenol, quercetin, klorogenat antioksidan, vitamin C, dan juga kandungan lainnya.

Mungkin ada yang bertanya apakah boleh mengkonsumsi daun kelor ini setiap hari? Hal ini tentu saja tidak boleh sehingga kamu perlu mengetahui dengan aturan minum rebusan daun kelor, hal ini yang bertujuan untuk menghindari efek sampingnya dari mengkonsumsi daun kelor yang secara berlebihan.

Adapun untuk kamu yang ingin tahu dengan aturan minum rebusan daun kelor maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Aturan Minum Rebusan Daun Kelor

Sebaiknya sebelum kamu mencoba untuk mengkonsumsi daun kelor yang lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu, hal ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa kamu bisa atau diperbolehkan untuk mengkonsumsi daun kelor yang satu ini.

Dimana untuk aturan minum rebusan daun kelor yaitu hanya sekitar 70 gram atau setara dengan 10 sendok teh dalam per harinya, dalam mengkonsumsi daun kelor ini yang sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi dan kelor yang masih mentah hal ini bertujuan untuk terhindar dari rasa daun kelor yang tidak enak di mulut.

Selain itu juga untuk bayi, anak-anak, ibu hamil, menyusui, dan juga orang yang memiliki riwayat penyakit yang tertentu yang tidak di perbolehkan atau tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor ini, hal ini bertujuan untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

Walaupun memang daun kelor ini yang termasuk ke dalam obat herbal namun dalam mengkonsumsi daun kelor ini juga perlu sesuai dengan aturannya, dengan mengkonsumsi daun kelor yang secara berlebihan dalam jangka panjang setiap harinya yang bisa menyebabkan berbagai efek samping kesehatan.

Terdapat beberapa efek samping kesehatan dari mengkonsumsi daun kelor yang secara berlebihan perlu kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut:

Muntah dan Mual

Daun kelor yang memiliki rasa yang tidak enak dan untuk kamu yang tidak menyukai daun kelor ini pada saat mengkonsumsi yang dapat menimbulkan rasa mual atau bahkan muntah, dimana efek samping ini yang bersifat relatif fan terjadi untuk mereka yang sensitif dengan rasa.

Diare

Sifat pencahar yang terkandung dalam daun kelor ini yang dapat memicu timbulnya masalah diare dan bahkan tingkatnya yang lebih parah untuk mereka yang memiliki gangguan pencernaan yang tertentu, sehingga efek samping daun kelor ini yang terjadi jika mengkonsumsi daun kelor yang berlebih dan dan tidak dikontrol dengan baik dan benar.

Menyebabkan Gangguan Perut

Daun kelor yang memiliki sifat pencahar didalamnya yang bisa memicu  gangguan perut dan  gangguan pada sistem pencernaan termasuk juga distensi gas dan juga rasa mulas, sehingga jika mengkonsumsi daun kelor ini yang secara berlebihan dalam jangka yang panjang atau setiap harinya yang berbahaya untuk kesehatan.

Keguguran

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi daun kelor yang bisa menyebabkan keguguran hal ini dikarenakan daun kelor, batang dan juga akarnya yang mengandung bahan kimia yang dapat memicu kontraksi pada rahim dan bahkan bisa meningkatkan terjadinya risiko keguguran.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai aturan minum rebusan daun kelor yang perlu kamu ketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.

aturan minum daun kelordaun kelor