Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil

Nesiaverse.com – Dalam mengkonsumsi asam folat tentunya ada aturan minum, khususnya untuk yang menjalani program hamil. Asam folat atau vitamin B9 ini memang sangat penting guna mendukung program hamil dan masa kehamilannya. 

Selama program hamil, seorang ibu membutuhkan asupan asam folat harian extra, begitupun yang tengah menjalani program hamil tersebut. Tentunya penting untuk mengetahui hal tersebut, guna memberikan dosis dan aturan minum yang tepat. 

Sehingga nantinya mudah untuk mengetahui cara konsumsi yang tepat dan mengoptimalkan fungsi serta manfaat dari asam folat atau vitamin B9 guna mendukung program hamil, hingga masa kehamilan sekalipun. 

Advertisment

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui aturan minum atau konsumsi asam folat untuk mendukung program hamil, maka simaklah ulasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini. 

Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil 

Advertisment

Asam folat menjadi salah satu jenis vitamin yang penting guna menjalani program hamil, bahkan hingga masa hamil berlangsung. Sebab, jika kamu memiliki rencana dengan hadirnya momongan, maka penting untuk mengkonsumsi asam folat untuk membantu meningkatkan kesuburan dalam promil ini. 

Asam folat juga dapat membantu guna mencegah cacat lahir pada otak dan saraf pada bayi. Selain itu, asam folat juga diyakini mampu membantu untuk menurunkan risiko terjadinya keguguran. 

Adapun manfaat secara maksimal, dimana sebaiknya kamu perlu tahu bagaimana aturan dalam minum atau konsumsi asam folat yang tepat, guna mendukung program hamil.

Namun, sebelum membahas mengenai aturannya, kamu wajib untuk mengetahui apa itu asam folat. Asam folat merupakan bentuk vitamin B yang aman berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Selain itu asam folat juga dapat membantu tabung saraf bayi berkembang menjadi otak hingga sumsum tulang belakang. 

Untuk mendapatkan dna mengkonsumsi asma dolat ini, kamu bisa menemukannya di berbagai jenis makanan, diantaranya sayuran hijau, buah jeruk dan adapun asam folat yang dijual dalam bentuk suplemen. Sehingga mudah mengkonsumsinya, kapanpun dan dimanapun. 

CDC, merekomendasikan agar perempuan yang menjalani promil ini untuk mengkonsumsi asam folat setiap harinya, setidaknya dalam 1 bulan atau 3 bulan sebelum hamil. 

Selain itu, tidak hanya perempuan yang tengah menjalani program hamil, namun CDC sendiri merekomendasikan agar perempuan yang dalam sia subur untuk mengkonsumsi asam folat setiap harinya. 

Cacat lahir tentunya berisiko terjadi dalam 3-4 minggu pertama kehamilan terjadi. Maka, penting untuk memenuhi asupan dari asam folat selama masa atau tahap awal kehamilan, ketika pembentukan sumsum tulang belakang, otak dan bayi mulai berkembangd negan baik. 

Dalam mengkonsumsi asam folat, tentunya ada aturan minum asam folat untuk program hamil. Yang mana dosis yang dianjurkan untuk perempuan dalam usia suburnya adalah 400 mikrogram. Jika kamu mengonsumsi multivitamin setiap hari, maka konsultasikan pada dokter mengenai jumlah yang disarankan tersebut. 

Nah, berikut adalah aturan berapa banyak konsumsi asam folat yang mana direkomendasikan setiap hari dari program kehamilan hingga menyusui.

  • Ketika program hamil berlangsung dibutuhkan 400 mcg 
  • Pada 3 bulan pertama kehamilan dibutuhkan 400 mcg
  • Bulan keempat hingga kesembilan masa kehamilan dibutuhkan 600 mcg
  • Ketika menyusui sebanyak 500 mcg

Dalam konsumsi asam folat atau vitamin B9, kamu dapat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Dimana ketika diminum sebelumnya dan selama masa kehamilan. Asam folat ini dapat melindungi bayi dari beberapa kemungkinan cacat, sebagai berikut. 

  • Bibir sumbing
  • Lahir prematur
  • Keguguran
  • Berat badan lahir rendah atau kecil
  • Pertumbuhan yang buruk di dalam rahim

Selain itu asam folat juga dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi kehamilan disertai penyakit jantung dan beberapa jenis kanker lainnya. 

Dalam keadaan normal, tubuh membutuhkan asupan 50 mcg asam folat setiap harinya. Namun, secara umum kebutuhan asam folat sendiri akan mengalami peningkatan, khususnya ketika ibu sedang dalam kondisi hamil, yaitu 400 hingga 600 mcg per harinya.

Kemudian bagaimana dengan ibu yang memiliki riwayat risiko yang tinggi, islanaya pernah melahirkan bayi dalam kondisi cacat lahir, memiliki riwayat diabetes, mengkonsumsi obat anti epilepsi hingga disuruh harian yang ditingkatkan hingga 10 kali lipat. 

Nah,dosis inilah yang wajib dipenuhi dalam 3 bulan, khususnya sebelum program hamil berlangsung.

Tidak dikonsumsi sembarangan

Selanjutnya, aturan minum asam folat untuk program hamil tidak boleh sembarangan. Dimana aturan ini tentunya sangat penting, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Alangkah baiknya, ibu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan, kh susunya jika ingin mengkonsumsi atau meminum suplemen asam folat. 

Ketika berkonsultasi, umumnya dokter biasanya akan segera memutuskan dimana pasien membutuhkan dosis tambahan atau tidak. Sehingga asupan asam folat tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. 

Selain itu, sbeleum emnegosnusmi suplemen asma folat, kamu harus memperhatikan ma melaporkan pada dokter atau ahlinya, jika kamu memiliki permasalahan atau rekam medis terkait:

  • Pernah cuci darah atau memiliki permasalahan ginjal
  • Memiliki riwayat anemia
  • Termasuk anemia hemolitik atau sel darah merah hancur lebih cepat dibanding waktu pembentukannya
  • Tidak memiliki reaksi alergi pada obat, khususnya yang memiliki kandungan asam folat
  • Menjadi pecandu minuman keras atau alkohol

Setelah kamu mengetahui aturan minum dan konsumsi asam folat untuk program hamil, maka kamu dapat menyesuaikan asupan asam folat tersebut. 

Kamu bisa mendapatkan asupan asam folat ini dengan mengonsumsi suplemen, salah satunya adalah folavit yang memiliki banyak manfaat untuk mendukung program hamil. Kareena Folavit merupakan last atuna asupan penting yang harus didapatkan oleh ibu. 

Folavit merupakan salah satu jenis suplemen makanan dengan kandungan utamanya yaitu asam folat. Suplemen satu ini umumnya memang digunakan untuk membantu dan mengatasi permasalahan anemia, sekaligus untuk meningkatkan ketahanan sel-sel dalam tubuh. 

 Folavit juga bisa dijadikan sebagai suplemen tambahan dalam mendukung program hamil yang sedang dijalankan. Kandungan asam folat didalamnya memenga diklaim mampu membantu untuk meningkatkan kesuburan. 

Bagi seorang wanita yang mengalami permasalahan dalam kehamilan, maka bisa jadi karena kadar asam folat yang rendah. Sehingga ketika kadar asam folat dalam suplemen inilah yang akan membantu dan meningkatkan kesuburan seorang wanita. 

Meskipun begitu, tentunya kamu harus tetap ingat, jika penggunaan setiap obat, suplemen asam folat ini tentunya membutuhkan aturan yang sama dan tertera pada label kemasan yang memang dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, kamu dianjurkan untuk melakukan konsultasi sebelum mengkonsumsinya. Sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai ancaman dan dampak negatif karena tidak memahami dosisi dan aturan minum asam folat untuk program hamil. 

Hal ini berdasarkan kutipan dari American pregnancy Association, dimana dijelaskan jika tubuh manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam proses penyerapan asam folat pada tubuh, sebagai bentuk sintetis dari vitamin B9.

Nah, demikian pembahasan mengenai aturan dalam minum asam folat untuk mendukung program hamil. Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk bisa memenuhi asupan atau kebutuhan asam folat dengan baik ketika melakukan program hamil.

asam folatibu hamil