Apakah Otitis Pada Kucing Menular?

Nesiaverse.com – Sebagai mahluk hidup tentunya akan mengalami berbagai masalah kesehatan, entah itu manusia ataupun hewan seperti kucing. Kucing merupakan hewan yang rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh parasit atau kutu, salah satunya adalah otitis.

Otitis merupakan penyakit telinga atau sering disebut sebagai earmite yang cukup umum terjadi pada kucing. Otitis ini menyerang indera pendengaran kucing yang disebabkan oleh parasit telinga. Hal inilah yang membuat telinganya terinfeksi, mengalami ear mite atau otitis.

Tapi, apakah otitis pada kucing menular? Pertanyaan seperti ini sering kali terpikirkan dan membuat kamu sebagai pemilik dari hewan peliharaan pastinya akan lebih waspada, karena takutnya otitis pada kucing itu bisa menular ke hewan lainnya atau bahkan ke manusia sendiri.

Advertisment

Lalu kalau begitu apakah otitis pada kucing menular? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai penyakit telinga atau otitis pada kucing apakah bisa menular atau tidak, secara jelas dan menyeluruh. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Apakah Otitis Pada Kucing Menular?

Advertisment

Sebelum itu apa sih yang dimaksud dengan otitis? Otitis merupakan penyakit yang menyerang telinga pada kucing, biasanya otitis ini terbagi menjadi 3 macam yaitu ada otitis eksterna, otitis media, dan otitis interna. Kondisinya tergantung pada bagian telinga mana yang terinfeksi.

Otitis eksterna adalah suatu kondisi ketika lapisan sel yang melapisi saluran telinga luar kucing mengalami peradangan, biasanya gejala pada otitis eksterna ini seperti kulit kemerahan, bengkak, terdapat cairan, bagian kulit telinga bersisik, dan saluran telinga kucing terasa nyeri.

Otitis media atau sering disebut OM adalah peradangan pada struktur telinga bagian tengah dan biasanya disebabkan oleh perluasan penetrasi gendang telinga atau bisa juga dari polip inflamasi yang merupakan penyebab umum terjadinya otitis media terhadap kucing.

Otitis interna kebalikannya dari eksterna yaitu terdapat peradangan pada bagian dalam telinga kucing. Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang tidak biasa pada kucing dan kemungkinan menandakan adanya kelainan mendasar pada anatomi telinga atau ketidakseimbangan imun.

Dari ketiga jenis otitis tersebut dari apa saja sih penyebabnya? Supaya kamu sebagai pemilik dari hewan peliharaan bisa mencegah hal itu terjadi pada kucing. Nah, berikut ada beberapa penyebab kucing bisa mengalami otitis, diantaranya adalah:

  • Membersihkan telinga kucing secara berlebihan dan mengiritasi telinga kucing akibat dari cairan pembersih.
  • Terinfeksi tungau telinga atau parasit telinga
  • Kotoran yang menumpuk pada telinga
  • Infeksi bakteri atau jamur pada telinga
  • Terdapat malassezia pachydermatis yang berlebih pada telinga kucing

Seperti yang telah kamu ketahui bahwasannya otitis ini disebabkan oleh kutu atau tungau, jadi dapat menular ke sesama kucing ataupun hewan peliharaan lainnya seperti anjing. Namun, ear mite atau otitis pada kucing tidak menular ke manusia.

Jika kucing kamu terkena otitis dan kondisinya cukup serius, bahkan menunjukan gejala mual atau disorientasi perlu untuk melakukan rawat inap di dokter hewan. Namun, sebagai upaya pencegahan kucing dari otitis, kamu bisa ikuti cara atau langkah-langkah berikut di bawah ini:

  • Selalu rutin membersihkan telinga kucing jika dirasa kotorannya sudah cukup menumpuk dan banyak
  • Hindari atau atur jadwal main kucing di luar ruangan untuk mencegah tertular dari kucing terinfeksi
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar kucing, termasuk tempat tidurnya
  • Rutin memberikan obat tetes telinga untuk kucing supaya mengangkat kotoran dan mengobati luka dalam telinga
  • Pastikan untuk tidak iseng memasukan benda asing ke dalam telinga kucing

Mungkin jika diperlukan kamu bisa rutin juga membawanya ke dokter hewan untuk konsultasi mengenai masalah kesehatan kucing secara menyeluruh, jadi tidak hanya masalah kesehatan telinganya saja. Dengan begitu kesehatan kucing akan terjaga dan aman dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait apakah otitis pada kucing menular atau tidaknya, mungkin perlu untuk kamu ketahui supaya bisa menghindari kucing kamu dari kucing yang terinfeksi atau terkena otitis agar tidak dapat menular ke kucing peliharaan kamu di rumah.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan telinga kucing untuk mencegah terjadinya otitis. Jika kucing kamu terkena otitis, segera untuk membawanya ke dokter hewan agar diobati serta menghindari kondisi telinganya semakin terinfeksi. Good Luck semoga membantu.

kucingotitis kucing