Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut?

Nesiaverse.com – Pertanyaan terkait apakah madu asli dikerumuni semut ? Kerap kali dilontarkan, khususnya bagi mereka yang gemar dan rutin mengkonsumsi madu asli. Madu sendiri dikenal dengan manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, sehingga keasliannya harus diperhatikan. 

Madu merupakan salah satu pemanis alami yang mana memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu tidak hanya kepopuleran dan khasiatnya saja, bahkan madu juga memiliki banyak mitos yang beredar bahkan di masyarakat sekitar. 

Dalam mengkonsumsi madu, tentunya yang diincar tidak hanya rasanya yang manis saja, namun manfaatnya juga. Namun, jika kamu justru salah membeli madu alias madu oplosan atau palsu, tentunya kamu tidak akan mendapatkan manfaat darinya. Melainkan malah efek garis yang kamu dapatkan. 

Advertisment

Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut?

Advertisment

Produk perlebahan alami, yaitu madu memang banyak dicari, khususnya selama pandemi saat itu. Hal ini dikarenakan banyaknya orang-orang yang mulai peduli dengan kesehatan. Namun, banyaknya produk madu yang tidak asli atau oplosan ini harus diwaspadai. 

Hal tersebut terjadi karena harga madu yang mahal, sehingga banyak orang yang membuat madu oplosan dan dicampur dengan bahan lainnya, sehingga harganya lebih murah. Kamu harus menghindari produk-produk madu satu ini. 

Memang cukup sulit untuk membedakan madu asli dan madu palsu, sehingga tidak jarang orang yang salah beli madu. Karena banyaknya produk madu palsu atau oplosan ini yang memberi label 100% madu asli. Sehingga tidak sedikit orang yang salah membeli. 

Nah, untuk bisa memilih madu asli kamu harus melakukan beberapa cara atau upaya guna mengetahui keaslian dari madu tersebut, salah satunya adalah dengan melihat apakah madu asli akan dikerumuni semut atau tidak? Nah, berikut ulasannya. 

Madu asli tidak disukai semut merupakan salah satu mitos yang beredar di masyarakat. Karena faktanya, kesukaan semut makan madu ini akan bergantung pada umur madu, kandungan karbohidrat dan jenis semut yang ada di sekitar madunya.

Pada umumnya, semut menyukai madu bahkan sejak masih memiliki bentuk nektar dan baru keluar di ujung tanaman, semut menyukainya. Bahkan tidak jarang lebah dan semut akan berebut hektar dari tanaman ini.

Meskipun begitu, ada beberapa kondisi madu yang dihasilkan lebih dan tidak disukai oleh semut, yaitu salah satunya madu yang memiliki umur yang cukup lama. 

Madu yang cukup berumur ini nantinya akan mengalami fermentasi, yang mana dapat menghasilkan karbon dioksida, yang tentunya tidak disukai oleh semut. ” Madu menyukai madu yang cukup berumur dan tidak menyukai madu yang sudah mengalami fermentasi”.

Sehingga apakah madu asli akan dikerumuni oleh semut? Jawabannya tidak. Karena madu asli tidak menarik perhatian semut. Selain alasan diatas, madu asli sendiri memiliki tekstur yang sangat kental disertai kandungan air yang rendah, sehingga jika semut menyentuhnya mereka akan terjebak. 

Selain itu jika semut terperangkap dan mati karena terjebak dalam madu, maka semut lain yang melihatnya akan otomatis menghindari untuk mengerumuni madu asli tersebut. Selain itu madu asli sendiri memiliki aroma yang menyerupai keju tua atau rumput segar, dan tidak menarik perhatian semut menyukai aroma yang manis. 

Namun, ada beberapa jenis madu yang disukai oleh semut, yaitu amd yang memiliki tekstur yang kurang kental atau madu olahan yang sudah tercampur dengan bahan lainnya. Dimana madu olahan ini memiliki tekstur yang cenderung lebih encer, memiliki kandungan air dan gula yang tinggi. 

Sehingga semut menyukainya dan bisa mencernanya, maka untuk madu palsu atau olahan ini memang cenderung akan dikerumuni oleh semut. Korean aroma manis dari kandungan gula sebagai bahan campuran yang cukup tinggi, disertai tekstur madu yang encer sehingga tidak menjebak semut.

Setelah kamu mengetahui apakah madu asli dikerumuni semut atau tidak, maka penting untuk memahami ciri-ciri madu yang asli. Hal ini guna memastikan bahwa madu yang baru saja kamu beli termasuk madu asli dan bukan madu palsu atau olahan. 

  • Madu asli memiliki tekstur yang sangat kental, sementara madu palsu atau olahan teksturnya encer atau cenderung cair. 
  • Madu asli menempel pada permukaan yang disentuh dan tidak akan menetes
  • Ketika ditaruh di dalam gelas yang berisikan air, madu asli akan mengendap di dasar gelas, dan akan menjadi bentuk gumpalan. 
  • Madu asli tidak akan terserap pada blotting paper atau kertas perawatan kulit maupun tisu. 
  • Madu asli tidak akan meninggalkan noda apabila mengenai kain dengan warna putih
  • Madu asli akan mudah terbakar
  • Madu asli akan menjadi karamel dengan cepat dan tidak menghasilkan busa jika dipanaskan. 

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apakah madu asli akan dikerumuni semut atau tidak? Maka, sesuai dengan penjelasan diatas dimana madu asli tidak akan dikerumuni oleh semut, karena beberapa asli atau hal lainnya.

madumadu asli