Apakah Kartu Debit Sama Dengan Kartu ATM?

Nesiaverse.com – Sekarang ini memang sudah banyak orang yang melakukan berbagai transaksi secara cashless atau non tunai, namun ternyata masih banyak juga orang yang bertanya mengenai apakah kartu debit sama dengan kartu ATM? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Dimana data Bank Indonesia yang telah mencatat untuk nilai transaksi dengan menggunakan uang elektronik yang sudah tumbuh 66,65% secara tahunan yang telah mencapai Rp 34,6 triliun, sedangkan untuk nilai transaksi digital banking yang mengalami peningkatan 62,82% secara tahunan mencapai Rp 4.314,3 triliun.

Untuk pihak bank juga telah menawarkan berbagai produk pembayaran non tunai yang bisa digunakan dalam melakukan berbagai transaksi seperti kartu debit, e-money atau kartu kredit, untuk kartu debit ini yang menjadi salah satu produk pembayaran yang sudah digunakan banyak orang dan familiar.

Advertisment

Kartu ATM atau kartu debit ini yang secara fisiknya terdapat tulisan debit yang ada didekat logo Visa atau Mastercard, terdapat nama bank penerbit yang ada di sudut kanan atas kartu, selain itu juga terdapat 3 atau 4 digit kode yang menjadi identitas pengguna yang tercatat di bank penerbit tersebut dan juga ada nama jaringan transaksi keuangan.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah kartu debit dan kartu ATM, namun tidak sedikit masyarakat yang masih bingung dengan apakah kartu debit sama dengan kartu ATM? Dibawah ini akan menjelaskan mengenai hal tersebut untuk itu bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Advertisment

Apakah Kartu Debit Sama Dengan Kartu ATM?

Apakah kartu debit sama dengan kartu ATM? Sebenarnya kartu ATM dan juga kartu Debit ini sama saja hanya berbeda dari istilahnya saja, dimana ini satu kartu namun penyebutannya yang berbeda.

Dimana untuk penyebutannya yang berdasarkan dengan penggunaan kartu tersebut, dimana untuk kartu debit ini yang telah diterbitkan oleh bank kepada para nasabah sebagai salah satu sumber utama yang saldonya berasal dari pendapatan yang dimiliki, simpanan maupun tabungan.

Agar lebih efisien dalam penggunaannya sehingga untuk kartu ATM dan kartu debit ini digabung menjadi satu kartu saja, dimana untuk sebutan kartu ATM yang digunakan atau difungsikan untuk melakukan penarikan tunai dengan melalui mesin ATM.

Sedangkan untuk transaksi yang dilakukan dengan melalui mesin electronic data capture atau EDC ini maka kartu ini yang akan berfungsi sebagai pembayaran debit, untuk kartu ATM ini yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran secara debit seperti di restoran, supermarket, minimarket, toko elektronik, butik dan juga toko yang lainnya yang menyediakan EDC untuk kartu berlogo Visa dan juga Mastercard.

Untuk kartu debit dengan provider Visa dan juga Mastercard ini yang rata-rata bisa berlaku di berbagai merchant, selain itu juga untuk kartu debit atau kartu ATM ini yang ternyata mempunyai berbagai keunggulan yang bisa kamu nikmati.

Keunggulan dalam menggunakan kartu ATM ini yaitu diantaranya seperti mudah dan praktis digunakan di berbagai tempat, tidak ada bunga bank, tidak mempunyai batas pengguna selama kamu memiliki saldo yang mencukupi dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Dimana terdapat dua mekanisme dalam penggunaan kartu debit dalam melakukan transaksi belanja yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe yaitu menggunakan PIN dan tanda tangan.

Mekanisme yang pertama yaitu kartu debit yang diproses dengan menggunakan cara kartu tersebut ke mesin EDC dan setelah digesek maka pengguna memasukkan atau mengisi PIN yang tersedia pada mesin EDC tersebut.

Nantinya akan melakukan proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu debit yang ada di database server penerbit kartu, selanjutnya mesin EDC mengeluarkan struk bukti transaksi yang telah ditandatangani oleh pemegang kartu.

Untuk mekanisme yang kedua yaitu kartu debit yang diproses dengan menggunakan cara menggesek kartu ke mesin EDC, setelah menggesek kartu tersebut maka nantinya akan terjadi proses online untuk melakukan verifikasi data dan kecukupan saldo di dalamnya.

Jika proses verifikasi sudah selesai maka nantinya untuk mesin EDC ini yang akan mengeluarkan struk bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu tersebut yang telah melakukan transaksi sebelumnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa ulasan mengenai apakah kartu debit sama dengan kartu ATM? Jawabannya sama satu kartu cuman berbeda penyebutaanya saja, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu menjawab pertanyaan kamu dan juga menambah wawasan.

kartu atmkartu debit