Apakah Daun Singkong Bisa Menambah Darah?

Nesiaverse.com – Apakah daun singkong bisa menambah darah? Pertanyaan sering kali muncul, untuk kamu yang penasaran dengan jawabannya maka kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Tanaman singkong sendiri merupakan sumber karbohidrat berasal dari umbi-umbian kayu atau ketela pohon yaitu tanaman perdu, dan singkong ini adalah tanaman perdu berasal dari Amerika Selatan dengan lembah sungai Amazon sebagai tempat penyebarannya.

Untuk penduduk asli atau masyarakat Indonesia yang tentu saja sudah tidak asing mendengar pohon pisang yang semua bagiannya bermanfaat, salah satunya bagian daun singkong dan bagian bisa bahkan bisa dijadikan berbagai menu masakan yang enak seperti di rebus sebagai lalapan, di tumis, hingga dimasak menjadi sayur lodeh.

Advertisment

Bahkan tidak hanya itu saja daun singkong juga terkenal dengan memiliki manfaat yang melimpah baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk pertaniaan, untuk mengetahui lebih lanjut apakah daun singkong bisa menambah darah yang akan kita bahas bersama-sama.

Apakah Daun Singkong Bisa Menambah Darah?

Advertisment

Daun singkong biasanya kerap dijadikan sebagai makanan pelengkap atau lalapan, bahkan tidak hanya itu saja daun singkong juga sering disulap sedemikian rupa menjadi hidangan makanan atau lauk pauk yang memiliki rasa yang enak dan lezat.

Ternyata sudah lama juga daun singkong yang dijadikan sebagai obat tradisional karena pasalnya daun singkong yang kaya akan antioksidan dan juga asam amino berperan untuk melancarkan sirkulasi darah yang akan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Umumnya daun singkong yang dijadikan sebagai obat alami penambah darah, dengan kandungan zat besi terdapat dalam daun singkong ini yang bisa membantu dalam produksi sel darah merah dan juga mencegah anemia untuk bumil atau ibu hamil.

Tidak hanya itu saja daun singkong juga ternyata menyimpan banyak kandungan yang baik untuk tubuh yang masih jarang diketahui oleh banyak orang yaitu sebagai berikut:

Menurunkan Tekanan Darah

Selain bisa meningkatkan tekanan darah yang dimana untuk beberapa penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun singkong bisa menurunkan tekanan darah dan bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Menjadi Sumber Nutrisi

Daun singkong yang mengandung nutrisi yang melimpah seperti vitamin A, beberapa vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K, bahkan tidak hanya itu saja daun singkong kaya akan mineral yang sangat penting seperti kalsium, fosfor, magnesium dan juga zat besi.

Sifat Antiinflamasi

Daun singkong tidak hanya sebagai penambah darah saja namun sayuran yang satu ini juga mengandung sifat anti inflamasi yang bisa membantu dalam mengurangi peradangan pada tubuh.

Kesehatan Tulang

Terdapat kandungan lain yang ada dalam daun singkong yaitu ada fosfor dan juga kalsium dan kedua kandungan ini yang bisa membantu dalam menjaga kepadatan tulang serta kesehatan tulang yang secara keseluruhan.

Kesehatan Pencernaan

Daun singkong mengandung serat di dalamnya yang sangat baik untuk sistem pencernaan serta membantu meningkatkan usus dan juga mencegah terjadinya sembelit.

Antioksidan

Daun singkong memiliki senyawa antioksidan didalamnya yang berfungsi melawan radikal bebas dan juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E pada daun singkong yang bisa membantu untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan juga bercahaya dan bisa membantu dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada daun singkong yang berfungsi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit serta infeksi.

Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja yang mengandung vitamin A namun daun singkong juga yang mengandung vitamin A untuk membantu dalam menjaga kesehatan mata dan juga penglihatan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan apakah daun singkong bisa menambah darah? Jawabannya bisa dan pastikan mengkonsumsi daun singkong dalam jumlah wajar tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

darahdaun singkong