Apakah Anak Kucing Umur 1 Bulan Boleh Dimandikan?

Nesiaverse.com – Apakah anak kucing umur 1 bulan boleh dimandikan? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui apakah usia anak kucing yang masih 1 bulan ini boleh dimandikan atau jangan.

Kucing yang masih dalam tahap awal tumbuh dan berkembang memang sangatlah perlu untuk memberikan perawatan yang lebih ekstra lagi, supaya mereka bisa tumbuh sampai dewasa dengan baik dan sehat. Termasuk dalam memberi perawatan untuk tubuhnya agar tetap bersih.

Menjaga kebersihan tubuh si kucing dari berbagai bakteri dan kotoran yang menempel sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk seukuran anak kucing yang masih kecil, pasti mereka akan mulai aktif dan lebih banyak untuk melakukan aktivitas atau bermain di luar.

Advertisment

Lalu bagaimana pendapat tentang anak kucing yang masih berusia 1 bulan? Apakah boleh untuk mulai memandikan mereka? Nah, disini akan memberikan penjelasan terkait hal itu secara singkat agar mudah kamu pahami, jadi simaklah dibawah ini!

Apakah Anak Kucing Umur 1 Bulan Boleh Dimandikan?

Advertisment

Sebelum itu ada hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai pertumbuhan anak kucing agar bisa kamu pahami dan tidak sembarangan dalam bertindak jika memang belum waktunya untuk dimandikan atau merawatnya lebih intens lagi.

Di Usia kucing yang menginjak 0-4 minggu disebut sebagai masa neonatal. Selama minggu pertama ini anak kucing tidak akan bisa buang air kecil dan pup tanpa adanya rangsangan dari si induk. Selain itu suhu tubuhnya masih belum stabil dan mereka belum bisa mengatur suhu tubuhnya.

Makanya anak kucing yang belum stabil dan mempertahan suhu tubuhnya dengan baik bisa-bisa mati karena hipotermia jika dimandikan. Mereka masih butuh kehangatan dari induknya agar terjaga tetap stabil dan tidak mati kedinginan yang disebabkan oleh cuaca atau lingkungannya yang dingin.

Jadi jika usia anak kucing masih dibawah umur 1 bulan sebaiknya jangan dulu dimandikan. Apalagi kalo langsung dengan air, cukup mengelapnya dengan kain basah saja jika memang kamu ingin membersihkan tubuh atau bagian tubuh kucing yang kotor. Kamu juga bisa menggunakan tisu basah untuk mengelapnya.

Nah, jika sudah menginjak umur 2 bulan atau 8 minggu, barulah kamu boleh memandikan kucing kamu dengan air. Karena mereka sudah bisa memproduksi lemak di kulit dan mempertahankan suhu tubuhnya dengan baik agar tetap hangat. Makanya ketika kamu memandikan si kucing pasti permukaan kulitnya terasa panas.

Hal itu karena mereka sedang menstabilkan suhu tubuhnya agar tidak mudah kedinginan saat kamu mandikan. Dengan begitu mereka tidak akan menggigil ketika terkena air langsung. Selain itu usahakan juga saat memandikan anak kucing jangan pakai air yang terlalu dingin, tapi dengan air yang cukup hangat tapi tidak panas.

Mau bagaimanapun juga yang namanya anak kucing pasti masih di tahap awal pertumbuhan yang harus bisa adaptasi dengan hal-hal yang baru, istilahnya biar gak terlalu kaget kalau dimandikan langsung dengan air dingin. Usahakan juga setelah selesai memandikannya langsung dijemur dibawah sinar matahari pagi.

Hal itu dilakukan supaya kucing kamu tidak flu sekaligus memberikan vitamin D secara tidak langsung dari sinar matahari pagi yang bagus untuk kesehatan bulunya, tulangnya, dan menjaga imun tubuhnya agar tidak mudah sakit atau terserang penyakit. Dengan begitu kucing kamu mendapatkan perawatan secara alami dari sinar matahari baik.

Itulah beberapa penjelasan tentang apakah anak kucing umur 1 bulan boleh dimandikan yang perlu untuk kamu ketahui agar tidak sembrono atau sembarangan memandikan anak kucing yang nyatanya masih belum cukup kuat untuk mempertahankan suhu tubuh mereka.

Jika anak kucing kamu memang dalam keadaan kotor, cukup bersihkan pakai tisu basah di bagian area tubuhnya yang kotor agar lebih mudah dan praktis. Hindari memandikannya dengan air atau langsung disiram dengan air. Good Luck semoga membantu.

anak kucingkucing