Apa Yang Dipikirkan Orang Depresi?

Nesiaverse.com – Pernah gk sih penasaran sama apa yang dipikirkan orang depresi? Apa sih yang ada dipikiran mereka saat mengalami depresi? Mungkin untuk sebagian orang yang tidak mengalami hal tersebut, tidak akan tau bagaimana jalan pikiran seseorang saat sedang depresi.

Awal mula seseorang mengalami depresi biasanya dipicu karena stress yang berlebihan. Pikiran yang tadinya tidak begitu serius, tapi kalau ditanggapi secara negatif dan dijadikan kebiasaan maka bisa membuat siapa pun jadi merasa terpuruk, menderita, hingga pada akhirnya depresi.

Tidak cukup kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan, tapi mental juga harus. Bahkan kesehatan mental itu lebih penting dan yang paling utama, apabila mental kita sehat maka tubuh juga akan sehat serta pikiran pun jadi lebih tertata tidak seperti pikiran saat depresi.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa yang ada dipikiran orang depresi? Nah, disini akan mengupas tuntas dan membahas serta menjelaskan secara menyeluruh terkait pikiran seseorang yang mengalami depresi itu seperti apa. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Apa Yang Dipikirkan Orang Depresi?

Advertisment

Depresi merupakan kondisi yang berkaitan dengan peningkatan atau penurunan suasana hati seseorang, atau bisa juga diartikan sebagai gangguan mood dan kondisi emosional berkepanjangan yang mempengaruhi proses berpikir, perasaan, serta perilaku seseorang.

Gangguan kesehatan mental seperti depresi ini, jika dibiarkan maka kondisi si penderita akan semakin buruk bahkan bisa mengidap gangguan bipolar. Sebenarnya kondisi depresi terbilang cukup luas dan memiliki bentuknya tersendiri, mulai dari yang masih dalam batas wajar sampai ke tingkatan yang paling ekstrem. Seperti berikut adalah jenis-jenis depresi, yaitu:

  1. Depresi mayor, merupakan jenis gangguan kesehatan mental yang berkaitan dengan mood seseorang.
  2. Distima atau depresi kronis terjadi jika seseorang mengalami depresi mayor dalam kurun waktu yang cukup lama, atau disebut juga sebagai persistent depressive disorder.
  3. Bipolar, salah satu kondisi dimana si penderita bisa mengalami fase mania atau senang berlebihan, dan fase depresi mayor seperti perasaan sedih dan putus asa berlebih.
  4. Depresi postpartum atau depresi yang terjadi pada wanita yang telah melalui proses persalinan.
  5. PMDD atau premenstrual dysphoric disorder, adalah gangguan mental yang berkaitan dengan wanita dan terjadi setiap 1 minggu sebelum hari menstruasi.
  6. Depresi atipikal adalah jenis depresi yang muncul dengan gejala seperti kenaikan berat badan, terlalu banyak tidur, dan sedih. Namun, depresi ini akan menghilang dengan sendirinya saat si penderita sudah merasa baikan.
  7. Psychotic depression merupakan salah satu kondisi depresi dalam tingkatan yang parah bersamaan dengan gejala psikotik, delusi, halusinasi, dan masalah pola pikir.

Jadi sebenarnya setiap pikiran seseorang yang mengalami depresi itu tergantung seperti apa jenis depresi yang mereka derita. Karena kalau untuk tingkatan wajar, pola pikir mereka masih bisa dikontrol dengan baik. Walaupun memang sering berpikiran negatif tentang hidupnya.

Orang yang mengalami depresi cenderung sulit berpikir secara objektif dan rasional, lebih mendominasi ke hal-hal yang negatif akibat ketidakberdayaan mereka atas kondisinya. Bahkan mereka yang depresi selalu berpikir ingin mengakhiri hidupnya untuk menyelesaikan semua masalah yang dideritanya.

Tidak sedikit juga orang-orang melakukan self harming atau menyakiti dirinya sendiri dengan cara yang tidak patut dilakukan, seperti menyayat tubuhnya, memukul dirinya sendiri, atau bahkan membiarkan dirinya tersiksa untuk membuat dirinya merasa lebih baikan.

Kebanyakan orang depresi juga memikirkan bahwa dirinya tidak akan memiliki masa depan yang cerah, selalu pesimis akan hal apapun, dan merasa dirinya tidak berguna untuk hidup. Menganggap kalau kehadirannya hanyalah beban bagi orang-orang disekitar mereka.

Mereka melihat kehidupannya dari sisi gelapnya saja, enggan untuk memikirkan kehidupan yang bahagia atau yang positifnya. Ketidakberdayaan mereka sudah begitu melekat, hingga tidak lagi berpikir jernih dan menganggap dunia yang mereka tempati adalah nerakanya.

Kasus depresi secara global tercatat hingga 264 juta orang dari kalangan semua usia. Bahkan di Indonesia sendiri sudah terdapat 826 kasus bunuh diri akibat depresi pada tahun 2022, dan pada Juni tahun 2023 terdapat kurang lebih 585 kasus bunuh diri pada para penderita depresi.

Nyatanya kita hidup di zaman yang sudah begitu canggih dan modern, ada yang namanya internet atau jejaring sosial yang dimana hal itu bisa menjadi salah satu faktor membuat seseorang mengalami depresi. Generasi sekarang hidup dengan adanya aturan atau tuntutan dari orang-orang yang bahkan tidak kita kenal, mengharuskan seseorang untuk hidup sesuai ekspektasi mereka. Bermula dari sebuah ketikan atau komentar dari orang asing, sehingga secara tidak langsung menyakiti kita dan membuat kamu mengalami depresi.

Itulah beberapa pembahasan mengenai apa yang dipikirkan orang depresi, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya kita bisa tau seperti apa pola pikir mereka dan jika orang terdekat kamu mengalami hal yang sama, kamu dapat segera membantu mereka sebelum terlambat.

Ada baiknya buat kamu jika merasakan ada yang tidak beres dengan pikiran atau sering merasa stress dan terpuruk, segera konsultasi ke dokter psikolog. Hal ini untuk mencegah terjadinya depresi, karena kalau dibiarkan terus dapat membahayakan. Good Luck semoga membantu.

depresi