Apa Saja yang Harus Dilakukan Saat Program Hamil?

Nesiaverse.com – Sekarang ini memang sudah banyak sekali informasi mengenai dengan apa saja yang harus dilakukan saat program hamil, tetapi untuk kamu yang masih bingung dengan apa saja yang perlu dilakukan selama promil maka bisa dengan simak penjelasannya disini untuk mengetahuinya dan tidak bingung lagi.

Pasangan suami istri yang ingin merencanakan program hamil tentu saja ada banyak informasi yang dibutuhkan karena dalam mempersiapkan kehamilan yang menjadi hal gampang-gampang susah, pasalnya pasangan yang ingin menjalankan program hamil yang sehat tentu saja akan memerlukan persiapan yang tidak mudah dan juga harus menjaga pola makan sehat.

Dimana terjadinya kehamilan pada sepasang suami istri yang subur dan setelah melakukan berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi yaitu sekitar 15 hingga 25%, hal ini yang tentu saja perlu dilengkapi dan didukung dengan cara promil atau program hamil yang tepat untuk bisa mendapatkan kehamilan yang sehat.

Advertisment

Bahkan selain itu untuk ibu yang ingin menjalankan program hamil yang perlu untuk menghindari beberapa hal dan juga ada hal yang harus dilakukan saat program hamil, Hal ini bertujuan agar proses kehamilan berjalan dengan lancar dan sehat serta membantu untuk menghindari berbagai hal yang dapat mengganggu proses program kehamilan.

Sehingga dengan demikian mengenai tentang apa saja yang harus dilakukan saat program hamil yang tepat memang perlu diketahui, terutama untuk kamu yang ingin mempunyai keturunan tetapi belum kunjung mendapatkan momongan. Nah untuk mengetahuinya caranya maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Apa Saja yang Harus Dilakukan Saat Program Hamil?

Pada saat kamu memutuskan untuk menikah maka kamu sudah siap untuk membina sebuah keluarga walaupun memang tidak sedikit pasangan suami istri yang memilih untuk menunda mempunyai momongan, tetapi tidak jarang juga banyak pasangan yang menanti dan ingin mendapatkan momongan.

Kehamilan yang menjadi salah satu proses kompleks dan juga terdapat banyak sekali hal yang mempengaruhi hal tersebut, ada sebagian ibu yang bisa hamil dalam waktu yang cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu dan usaha yang cukup sulit untuk bisa mendapatkan momongan.

Jika kalian sepasang suami istri ingin mencoba untuk melakukan program hamil selain dengan program fertilisasi kamu juga perlu mengetahui dengan apa saja yang harus dilakukan saat program hamil, adapun untuk beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

Stop Menggunakan Alat Kontrasepsi

Hal yang harus dilakukan saat program hamil yaitu hentikan penggunaan alat kontrasepsi apapun seperti pil KB, suntik KB, kondom, implan, atau spiral pada beberapa bulan sebelum kamu dan pasangan yang ingin memulai melakukan program hamil.

Dimana untuk istri yang telah menggunakan kontrasepsi oral pada waktu yang lama yang kemungkinan tubuh akan membutuhkan waktu sampai beberapa kali siklus menstruasi, hal ini agar dapat memulai berovulasi yang secara teratur lagi dan juga siap untuk hamil atau mendapatkan momongan.

Mendeteksi Masa Subur

Dengan mengetahui masa subur dan juga waktu terjadinya ovulasi serta berhubungan intim pada hari-hari tersebut yang bisa membantu untuk meningkatkan kesempatan agar bisa hamil, dimana umumnya ovulasi yang terjadi kira-kira 14 hari sebelum menstruasi dan jika kamu belum mengenali masa subur maka bisa dengan menggunakan alat bantu prediksi ovulasi atau metode suhu basal tubuh.

Meningkatkan Frekuensi dalam Melakukan Hubungan Intim

Hal yang harus dilakukan saat program hamil lainnya yaitu dengan meningkatkan frekuensi dalam melakukan hubungan intim yang dapat memperbesar kesempatan kehamilan, dimana sperma yang bisa bertahan hidup di dalam rahim dan juga saluran telur sekitar 2 hingga 3 hari tetapi untuk sel telur yang hanya dapat bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam.

Dengan melakukan hubungan intim pada 2 atau 3 hari sebelum istri berovulasi yang akan membantu memperbesar kemungkinan dapat hamil, ada beberapa cara yang dapat kamu tempuh dan lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan hubungan intim dalam beberapa kali dalam seminggu setelah kamu sudah berhenti menstruasi.
  • Melakukan hubungan intim pada setiap 2 hari sekali yang dimulai pada hari ke 10 setelah kamu selesai menstruasi.

Cara Berhubungan Intim Pada Saat Promil

Salah satu cara melakukan program hamil dan juga mempersiapkan kehamilan yang harus diperhatikan yaitu melakukan teknik atau cara berhubungan intim, nah kamu bisa dengan mencoba mengikuti tips dibawah ini:

  • Setelah melakukan hubungan intim maka kamu berbaring telentang agar mempermudah sperma untuk berenang menuju rahim.
  • Melakukan hubungan intim sebelum tidur yang bertujuan agar setelah melakukan hubungan intim kamu dapat dalam keadaan berbaring setelahnya.
  • Silahkan pilih posisi misionaris pada saat melakukan hubungan intim, hal ini dikarenakan pada posisi seperti ini ibu yang berbaring telentang.
  • Hindari penggunaan pelumas pada saat akan berhubungan intim, hal ini karena pelumas yang mengandung zat didalamnya yang dapat mengubah keseimbangan pH dalam vagina dan juga mengurangi pergerakan sperma.

Melakukan Tes Kehamilan

Melakukan tes kehamilan yang bertujuan untuk mengkonfirmasi keberhasilan dalam melakukan program hamil dan ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan saat program hamil, untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat maka bisa melakukan tes kehamilan pada hari biasa yang merupakan hari pertama siklus menstruasi.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan tes kehamilan yang terlalu dini yang kerap kali memberikan hasil negatif palsu merupakan kondisi pada saat hasil tes yang menyatakan jika kamu tidak hamil padahal sebenarnya hamil, hal ini yang dapat terjadi karena tubuh yang belum memproduksi cukup banyak hCG sehingga tunggu dan lakukan tes ulang pada beberapa hari setelah menstruasi terlambat.

Cara Meningkatkan Kesuburan

Jika hasil tes kehamilan masih negatif maka kamu jangan perlu sedih atau panik karena untuk sebagian besar pasangan yang tidak berhasil hamil pada saat melakukan program hamil yang pertama kalinya, sehingga kamu bisa dengan mencoba kembali cara melakukan program hamil diatas dilengkapi dengan menerapkan pola hidup sehat untuk membantu mendukung keberhasilan promil kamu.

Ada beberapa tips untuk membantu meningkatkan kesuburan yang secara alami bisa kamu dan suami lakukan yaitu sebagai berikut:

Menerapkan Pola Makan Sehat

Untuk bisa membantu meningkatkan kesuburan kandungan dan juga kualitas sperma yang baik maka kamu bisa dengan mencoba memperbanyak makan makanan yang sehat bernutrisi tinggi, seperti dengan mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian utuh, makanan protein, makanan kaya zat besi dan juga susu rendah lemak, selain itu hindari mengkonsumsi makanan yang siap saji, minuman bersoda dan juga membatasi mengkonsumsi asupan gula dan kafein.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat mencoba menjaga berat badan ideal, berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi minum alkohol, rutin berolahraga, dan juga melakukan vaksinasi sebelum hamil,  untuk pria yang disarankan untuk menghindari menggunakan celana dalam yang ketat hal ini yang dapat mengganggu kesuburan.

Mengkonsumsi Vitamin

Untuk bisa meningkatkan kesuburan yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen seperti vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, zinc, selenium, folat dan juga koenzim Q10 yang dapat membantu meningkatkan kesuburan, kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sekitar 400 mcg pada setiap hari selama menjalankan promil.

Nah itu terdapat beberapa cara yang harus dilakukan saat program hamil yang bisa membantu meningkatkan kesempatan hamil, jika dalam percobaan pertama tidak membuahkan hasil, maka kamu dan pasangan bisa untuk berkonsultasi da memeriksa diri ke dokter dan nantinya akan ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan seperti tes darah dan USG.

Untuk pasangan suami istri yang berada di atas 35 tahun maka sebaiknya untuk mempercepat waktu konsultasi yaitu setelah 6 bulan mencoba program hamil dan tidak berhasil, sedangkan untuk pasangan suami istri yang berusia diatas 40 tahun maka dianjurkan untuk melakukan perawatan dan evaluasi secepatnya.

Jika dengan beberapa cara diatas yang tidak cocok dengan kondisi tubuh kamu maka kamu bisa dengan pergi ke dokter dan nantinya dokter akan menyarankan cara yang lainnya, walaupun demikian kamu juga yang dapat berkonsultasi ke dokter terkait dengan promil yang sesuai dengan kondisi kamu dan suami serta cara apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan hamil.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara atau yang saja yang harus dilakukan saat program hamil yang dapat kamu ketahui dan mencobanya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

program hamilpromil