5 Alasan Pentingnya Asam Folat Sebelum Menikah

Nesiaverse.com – Ada alasan pentingnya mengkonsumsi asam folat bahkan sebelum menikah. Karena mengonsumsi asam folat sendiri direkomendasikan dokter kepada pasangan yang sedang berencana untuk memulai program hamil.

Jika kamu tidak menunda kehamilan setelah menikah, maka konsumsilah asam folat untuk calon pengantin. Hal ini sudah harus dimulai minimal 2 bulan sebelum kamu menikah. Selain itu wanita yang akan memulai program hamil membutuhkan asupan asam folat yang tepat. 

Asam folat sendiri memang menjadi salah satu nutrisi yang sama pentingnya dan dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, kamu harus memenuhi kebutuhan asam folat sejak sebelum menikah, hingga menuju atau saat masa kehamilan berlangsung juga. 

Advertisment

Alasan Pentingnya Asam Folat Sebelum Menikah 

Advertisment

Asam folat atau vitamin B9, merupakaan salah satu vitamin yang dibutuhkan seseorang. Jika kamu memiliki rencana memiliki momongan setelah menikah, maka penting untuk mengkonsumsi asam folat, bahkan 2 bulan hingga 3 bulans ebelum kamu menikah. 

Nah, mengapa mengkonsumsi asam folat sebelum menikah? Hal ini dilakukan karena memiliki tingkatan asma folat yang tepat di dalam tubuh,sebelum hamil. Bahkan bisa mengurangi resiko bayi mengalami cacat tabung saraf pada otak maupun sumsum tulang belakang hingga 70% tingginya. 

Selain itu ada jumlah asam folat yang harus dikonsumsi dan disarankan dengan jumlah atau dosis yang tepat. Banyaknya asam folat yang dikonsumsi oleh seorang wanita disarankan sebanyak 400 mikrogram atau mcg setiap harinya. 

Namun, setelah itu, jika kamu ambil, kama kebutuhan asam folat akan meningkat, yaitu hingga 600 mikrogram atau mcg setiap harinya. Alasan inilah yang menjelaskan betapa pentingnya mengkonsumsi asam folat sebelum kamu menikah. 

Ada beberapa alasan pentingnya mengkonsumsi asam folat sebelum menikah. Khususnya ketika kamu merencanakan program hamil atau promil. Kamu akan dianjurkan untuk menambah asupan asam folat atau vitamin B setiap harinya. 

Nah, berikut beberapa alasan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi asam folat harian, sebelum menikah atau sebelum hamil.

Meningkatkan Kesuburan

Alasan pentingnya mengkonsumsi asam folat sebelum menikah adalah mempersiapkan diri, khususnya bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Konsumsi asam folat ini dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan. 

Meskipun sampai saat ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai cara bagaimana asam folat bekerja atau membantu seseorang cepat hamil. Kamu, tetap disarankan untuk mengkonsumsinya jika merencanakan kehamilan sedari dini. 

Bagi seorang wanita, fungsi dari asupan asam folat sebelum hamil adalah memelihara kesehatan bagian ovarium atau indung telur, membantu proses pembentukan bakal janin hingga mendukung proses pembuahan. 

Selain itu, adanya kombinasi antara zinc dan asam folat pada pria juga dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas dari sperma. Namun, hal ini perlu penelitian lebih lanjut terkait dengan manfaatnya yang lebih dalam. 

Menurunkan Resiko Bayi Lahir Cacat

Selanjutnya, alasan penting mengkonsumsi asam folat sebelum menikah adalah untuk menurunkan resiko bayi yang lahir cacar. Salah satu manfaat terbesar dari konsumsi folic acid yaitu mencegah bayi lahir cacat, yang disebabkan oleh neural tube defects atau NTD. 

Neural tube defects merupakan kelainan bawaan yang diakibatkan kegagalan penutupan lempeng saraf, yang aman kerap terjadi pada minggu ketiga hingga keempat masa kehamilan. 

Spina bifida atau penutupan tulang belakang yang tidak sempurna dan anensefali yaitu bagian otak tidak sempurna. Kedua hal tersebut merupakan dua jenis NTD yang menang paling banyak ditemukan pada bayi yang baru lahir. 

Jika dilansir dari laman New York State Department of Health, dijelaskan jika asam folat mampu membantu mengurangi risiko neural tube defects, bahkan selama masa kehamilan hingga lebih dari 70% banyaknya. 

Asam folat juga berperan dalam mengoptimalkan dan mencegah NTD yang dia dikonsumsi jauh hari sebelum kamu hamil atau sebelum menikah. Selain itu , asam folat juga mampu membantu tubuh membentuk sel darah merah. 

Kemudian produksi sel darah merah yang memadai ini akan membuat kamu terhindar dari anemia. Anemia sendiri dapat meningkatkan risiko dan berbagai masalah serta perkembangan pada janin yang juga membahayakan ibu hamil. 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asam folat, khususnya jika sudah menikah dan dalam keadaan sedang hamil. 

Mengurangi Risiko Preeklampsia

Salah satu manfaat yang penting dari asam folat tidak hanya belum menikah saja, tapi sesaat setelah kau hamil juga dimana mampu mengurangi risiko preeklamsia. Asam folat mampu membantu mencegah tekanan darah tinggi dan pembengkakan ketika hamil.

Dalam beberapa riset juga menunjukkan kekurangan asam folat merupakan salah satu faktor yang mana dapat meningkatkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Sehingga penting untuk memulai program hamil dengan mencukupi asupan asam folat. 

Mencegah Keguguran dan prematur

Kebanyakan yang mengkonsumsi asam folat ini bersiap untuk memiliki momongan. Nantinya manfaat dari asam folat ini tidak hanya belum kehamilan saja. tapi hingga proses persalinan. 

Asam folat ini dapat mencegah resiko keguguran hingga kelahiran prematur pada bayi. Dalam berbagai riset juga dijelaskan, jika mengkonsumsi asam folat harian maka bayi akan terhindar dari risiko lahir cacat. 

Risiko lahir cacat yang dimaksud adalah mulai dari cacat tabung saraf, bibir sumbing hingga adanya penyakit jantung bawaan yang jauh lebih kecil. 

Membantu Tumbuh Kembang Janin

Alasan pentingnya asam folat sebelum menikah ini adalah untuk membantu tumbuh kembang janin ketika kamu sudah hamil. Nettonya asam folat dapat membantu mendukung proses pembentukan organ tubuh janin. 

Sehingga nantinya pembentukan jaringan hingga pembentukan organ tubuh janin ebiraland dengan lancar dan optimal. Selain itu dapat membantu mengurangi resiko berat badan lahir rendah atau BBLR. 

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau BBLR memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengalami stunting. Sehingga manfaat satu ini tentunya akan diperlukan bagi bayi. 

Dari penjelasan diatas, tentunya kamu sudah menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi asam folat. Selain itu folat juga dapat kamu temukan dari berbagai jenis sayuran berdaun hijau, buah jeruk, gandum utuh hingga jenis makanan lainnya. 

Ada beberapa sumber folat yang dapat kamu konsumsi juga misalnya terigu yang terlihat melalui fortifikasi folat, sayuran berdaun hijau ini seperti brokoli, brussels sprouts hingga makanan yang tinggi sumber folat lainnya. 

Asupan folat sangatlah penting, bahkan dari sebelum kamu hamil dan menikah. Tahap awal kehamilan sendiri setidaknya adalah 2 hingga 6 minggu lamanya setelah kehamilan hingga menyusui. 

Dalam konsumsi asam folat juga kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskannya, apalagi jika kamu mengkonsumsinya sebagai suplemen folat. Karena konsumsi folat yang berlebihan juga akan mengundang bahaya atau dampak buruk bagi calon janin. 

Demikian pembahasan mengenai alasan pentingnya konsumsi asam folat sebelum menikah. Maka, dari penjelasan diatas, kamu mengetahui betapa pentingnya konsumsi asam folat. Bahkan setelah kamu melewati masa kehamilan sekalipun.

asam folat