1 Pohon Durian Menghasilkan Berapa Buah?

Nesiaverse.com – Banyak sekali orang yang menyukai buah Durian karena memiliki rasa yang enak dan lezat sehingga tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memulai menanam pohon Durian, tetapi masih ada yang bertanya-tanya mengenai 1 pohon Durian menghasilkan berapa buah? Untuk mengetahui hal tersebut bisa simak ulasannya dibawah ini.

Durian merupakan salah satu jenis tanaman buah yang berupa pohon dan sebutan Durian ini yang berasal dari istilah Melayu yang diambil dari kata duri dengan diberi akhiran -an, sehingga kedua kata tersebut yang disatukan menjadi Durian dan kata ini yang dipergunakan untuk menyebut buah dengan memiliki kulit berduri tajam.

Dimana tanaman Durian yang berasal dari Malaysia, Kalimantan dan juga Sumatra berupa tanaman liar dan penyebaran buah Durian ini ke arah Barat yaitu seperti India, Thailand, Bima dan juga Pakistan, buah Durian ini yang telah dikenal sejak abad ke 7 M di Asia Tenggara dan nama Durian ini yang memiliki nama lainnya sesuai daerahnya seperti Duren (Jawa dan Gayo), Duluan (Toraja), Duriang (Manado), dan juga Rulen (Seram Timur).

Advertisment

Penasaran dengan hasil dari 1 pohon Durian yang bisa menghasilkan berapa buah dalam sekali panennya? Jika penasaran maka artikel kali ini kita akan membahasnya dengan 1 pohon Durian menghasilkan berapa buah oleh karena itu simak ulasan di bawah ini.

1 Pohon Durian Menghasilkan Berapa Buah?

Advertisment

Tanaman Durian yang termasuk ke dalam famili Bombaceae sebangsa dengan pohon kapuk-kapukan dan tanaman ini merupakan tumbuhan dari marga genus Durio, Lahia, Nesia, Boschile dan juga Coelostegia, tersedia berbagai jenis Durian yang diakui keunggulannya oleh menteri Pertanian dan kemudian disebarluaskan kepada masyarakat untuk membuat tanaman Durian untuk dikembangkan.

Berbagai macam jenis atau varietas Durian yaitu ada Durian Petruk dan Durian Sukun (Jawa Tengah), Durian Sitokong dan Durian Sijapang (Betawi), Durian Si Hijau dan Durian Sidodol (Kalimantan Selatan), Durian Sunan (Jepara) dan juga Durian Otong dan Durian Kani (Thailand).

Umumnya tanaman buah Durian yang mulai berbunga pada umur sekitar 8 tahun dan musim berbunga yang jatuh pada musim kemarau yaitu pada bulan Juni – September sehingga bulan Oktober -Februari buah Durian sudah dewasa dan siap untuk di petik atau panen, pada saat panen Durian yang diusahakan sebelum musim hujan tiba hal ini karena air hujan yang bisa merusak kualitas buah.

Untuk warna Durian yang hampir samak cukup berbeda-beda tergantung pada kultivarnya dan untuk menentukannya buah tersebut sudah matang yaitu umumnya ditandai dengan bau harum yang sangat menyengat, tidak hanya itu jika Durian sudah matang jika di tekuk durinya atau buahnya yang akan terdengar dentang udara antara isi dan juga kulitnya.

Prakiraan produksi buah Durian dalam 1 pohon yang bisa dipanen yaitu sekitar 60 hingga 70 butir per pohon dalam per tahunnya dengan memiliki bobot rata-rata sekitar 2,7 kg, tetapi jika diinginkan jumlah buah Durian dalam satu pohonnya lebih banyak lagi maka biasanya bobot buah Durian tersebut yang akan turun dan hal ini yang tergantung dengan jumlah Durian yang bisa di panen dalam satu buahnya dalam bobot yang berbeda-beda.

Mungkin masih banyak yang bertanya dengan cara panen buah Durian karena memang biasanya buah Durian yang telah matang biasanya akan jatuh dengan sendirinya tetapi untuk menjaga agar buah Durian langsung jatuh dalam perkiraan sebulan sebelum matang buah Durian tersebut yang bisa diikat dengan menggunakan tali plastik, hal ini bertujuan agar tangkai buah yang terlepas dari ranting atau batang pohon tetap menggantung pada tali tersebut dan bisa diambil dalam keadaan yang masih utuh.

Dimana buah Durian dari pohon yang rendah bisa langsung dipetik dengan menggunakan pisau tajam dan tangkai buah yang dipotong dimulai dari bagian paling atas kurang lebih sekitar 15 cm dari dahannya dan pemotongan ini sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati karena ditempat tersebut yang terdapat bahan tunas yang nantinya akan berbunga pada musim selanjutnya.

Untuk buah Durian yang terletak pada bagian pohon yang cukup tinggi sebaiknya dipetik dengan menggunakan alat bantu sesuai dengan kebutuhannya hal ini bertujuan agar buah Durian yang dipanen tidak langsung jatuh ke tanah dan biasanya untuk buah Durian yang jatuh langsung ke tanah akan retak, daging buah Durian yang menjadi pahit atau asam karena ini terjadi fermentasi pembentukan asam dan juga alkohol.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan 1 pohon Durian menghasilkan berapa buah yaitu sekitar 60 hingga 70 butir per pohonnya dalam pertahun yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

pohon durian